Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 3 Pengaruh kalor dalam kehidupan. Rangkuman materi ini kelas 5 tema 6 panas dan perpindahannya Rinkasan materi ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu para siswa sekolah dasar, para guru dan orang tua siswa dalam mendampingi putra dan putrinya belajar. Rangkuman ini bersumber dari buku pegangsn siswa yang dikeluarkan oeleh kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) yang berjudul "Panas dan Perpidahannya " Buku tematik kelas 5 tema 6 kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.
|
Ringkasan Materi Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 |
Rangkuman tematik tema 6 kurikulum 2013 dengan judul “Panas dan perpindahannya”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 6 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal.
Rangkuman Kelas 5 tema 6 subtema 3 ini juga kami lengkapi dengan Kopetensi Dasar yang dicapai siswa di setiap subtema dengan harapan para orang tua dan guru bisa mengukur sejauh mana ketercapaian proses pembelajaran.
Rangkuman kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Muatan Pelajaran IPA
Kopetensi Dasar (KD) Muatan IPA Kelas 5 Tema 6 subtema 3
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor.
Rangkuman kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Muatan Pelajaran IPA
Bahan konduktor, bahan isolator dan Semi Konduktor
Bahan yang dapat menghantarkan panas disebut Konduktor . Contoh bahan konduktor yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari biasanya terbut dari bahan logam misalnya wajan, panci, Cerek dll.
|
Sumber gambar : buku tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Kemendikbud
|
Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut Isolator, beberapa bahan yang termasuk Isolator antara lain Kayu, Kain, dan Plastik.
|
Sumber : buku tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Kemendikbud |
Bahan semikonduktor adalah bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas
Penggunaan Benda isolator dan konduktor dalam kehidupan sehari-hari misalnya Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaat kan sifat ini. Selimut memerangkap udara. Udara adalah Isolator, Sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuh. Dengan demikian badan tetap hangat. Termos merupakan salah satu benda yang memanfaatkan sifat kondutor dan Isolator.
|
Sumber gambar : buku tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Kemendikbud |
Rangkuman Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Muatan Pelajaran IPS
Kopetensi Dasar (KD) Muatan IPA Kelas 5 Tema 6 subtema 3
3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap
pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
Rangkuman Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Muatan Pelajaran IPS
Peran masyarakat terhadap lingkungan sosial budaya.
Masyarakat Indonesia, merupakan masyarakat yang selalu menghargai warisan budaya nenek moyangnya. Bentuk pengharagaan tersebut antara lain ditunjukkan dengan kebiasaan melakukan kegiatan tradisi dalam kehidupannya. Mulai dari peristiwa kelahiran hingga kematian. Kesadaran masyarakat untuk kembali menghidupkan tradisi-tradisi nenek moyang kembali meningkat. Tempat-tempat wisata adat, menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi masyarakat pada saat liburan.
Keberadaan desa adat, memang beranjak dari keinginan untuk tetap memelihara peninggalan nenek moyang dengan mempertahankan nilai dan kegiatan tradisional. Nilai dan kegiatan tradisi nenek moyang bangsa Indonesia, selalu menghargai alam sebagai sumber kehidupan. Terdapat beberapa desa adat di Indonesia yang dipelihara, dilindungi, dan dijaga baik oleh masyarakat setempat maupun oleh pemerintah setempat. Desa Adat Bena di Ngada, Nusa Tenggara Timur, Desa Adat Sade di Lombok,
- Desa Adat Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur,
- Desa Adat Kampung Naga di Tasikmalaya,
- Desa Adat Terunyan di Bali,
- Desa Adat Pariangan, Tanah Datar di Sumatra Barat,
Itulah merupakan beberapa contoh desa adat yang dipertahankan keberadaan dan keasliannya hingga kini.
Ada juga beberapa desa adat dan kehidupan masyarakat asli yang diperkenalkan ke masyarakat luas, melalui beberapa orang setempat yang peduli untuk mempertahankan nilai budaya dan kegiatan tradisinya. Salah satunya adalah Desa Adat Osing di Kemiren, Banyuwangi yang diperkenalkan ke masyarakat luas melalui seorang ahli kopi setempat. Desa ini, dikelola untuk mempertahankan tradisi Masyarakat Osing sebagai suku asli masyarakat Banyuwangi
BACA JUGA
Permasalahan Sosial di Sekitar Kita
Berikut ini adalah jenis-jenis permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat.
a. Sampah
Salah satu kebiasaan tak terpuji adalah membuang sampah sembarangan. Misalnya, siswa membuang bungkus permen dan makanan di ruang kelas, di halaman sekolah atau di selokan dekat sekolah.
b. Kali atau Sungai yang Kotor
Kali atau sungai kadang-kadang dijadikan tempat pembuangan sampah bagi warga masyarakat.
c. Bangunan Liar
Bangunan liar sering kita jumpai berada di atas saluran air, di trotoar, di taman-taman kota dan di kolong-kolong jalan layang. Pada umumnya bangunan liar berupa bangunan sementara yang didirikan di tempat yang tidak seharusnya.
d. Kemacetan Lalu Lintas
Kemacetan lalu lintas sering terjadi pada saat jam berangkat sekolah atau jam berangkat kerja. Salah satu penyebab kemacetan lalu lintas antara lain banyak pengguna jalan yang tidak melakukan kewajibannya untuk menaati aturan lalu lintas.
|
Sumber gambar : buku tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Kemendikbud |
Rangkuman Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Muatan Pelajaran PPKN
Kopetensi Dasar (KD) Muatan PPKN Kelas 5 Tema 6 subtema 3
1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Rangkuman Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Muatan Pelajaran PPKN
Hak dan Kewajiban disekolah
Kewajiban siswa disekolah antara lain,
- Datang tepat waktu,
- Menghormati Guru,
- Membuat PR,
- Mengerjakan tugas yang diberikan guru,
- Piket kelas,
- Memakai seragam yang telah ditetapkan,
- Mentaati peraturan sekolah.
Hak siswa disekolah
- Mendapatkan pelajaran,
- Mendapatkan nilai,
- Mendapatkan perhatian guru,
- Makan di kantin, membaca buku di Perpustakaan dan lainya.
Rangkuman Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Muatan Pelajaran SBDP
Kopetensi Dasar (KD) Muatan SBDP Kelas 5 Tema 6 subtema 3
Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan atau orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Menggambar cerita dapat dilakukan denan teknik kering dan teknik basah.
Alat yang digunakan untuk teknik kering adalah :
- Pensil : Biasnya adalah pensil ukuran 2B sampai 6B
- Krayon : Krayon merupakan campuran antara lilin dan bahan pewarna yang aman untuk anak anak
- Pulpen atau Spidol, digunakan untuk menggambar cerita dengan karakter yang tegas pada garis-garis.
Alat yang digunakan pada teknik Basah adalah
- Cat air,
- Tinta,
- Cat poster, b
- Berbagai jenis kuas,
- Palet cat air atau
- Media lain yang memerlukan air pengencer.
Bentuk-bentuk gambar cerita terdapat pada komik, Cover buku, Majalah, Cerpen, Poster, Buku paket.
Bagi adek-adek yang ingi uji kemampun dengan menjawab soal-soal yang berhubungan dengan materi kelas 5 tema 6 subtema 3 bisa klik link berikut :
Demikianlah Ringkasan Materi Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 semoga ada manfaat untuk adek-adek, para orang tua dan guru. dengan rinkasan materi kelas 5 tema 6 subtema diharapak ada referensi belajar dan media pembelajaran