Rangkuman Kelas 4 tema 9 Subtema 3 Kayanya Negeriku | Kumpulan Soal Tematik SD

Wednesday, 15 September 2021

Rangkuman Kelas 4 tema 9 Subtema 3 Kayanya Negeriku

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 9 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia sesuai kurikulum 2013

Rangkuman materi kelas 4 tema 9 subtema 1 Pelestarian Kekayaan Sumber  Daya Alam Di Indonesia. Rangkuman materi kelas 4 tema 9 Kayanya Negeriku. Rangkuman  kelas  4 tema 9 subtema 3 ini kami buat dengan besar harapan kami dapat membantu bapak ibu guru ketika mengajar para siswa di sekolah  untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 9 kurikulum 2013 dengan judul “Kayanya Negeriku”. Manfaat dengan adanya Rangkuman Kelas 4 tema 3 subtema 3 dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian.  

Rangkuman Kelas 4 tema 9 Subtema 3 Kayanya Negeriku
Rangkuman Kelas 4 tema 9 Subtema 3 Kayanya Negeriku


Rangkuman Kelas 4 tema 9 Subtema 3 Kayanya Negeriku mengandung muatan materi IPA, IPS, Bahasa Indonesi, PPKn dan SBdp. Dimana ketiga mata pelejaran tersebut terjabarkan dalam materi tematik kelas 4 tema 9 subtema 3 kayanya negriku.

Rangkuman materi  kelas 4 tema 9 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia muatan pelajaran PPKN

Kopetensi Dasar Muatan Pelajaran PPKN

1.2 Menghargai kewajiban dan hak warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalankan agama.
2.2. Menunjukkan sikap disiplin dalam  memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat sebagai wujud cinta tanah air.
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai wargamasyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Rangkuman materi PPKN Kelas 3 tema 9 subtema 3 Kayanya Negriku

Memanfaatkan air merupakan hak setiap warga masyarakat, namun melestarikan ketersediaan air bersih juga kewajiban  masyarakat.

Kewajiban terhadap ketersediaan air 

  1. Mematikan kran air saat tidak dipakai
  2. Menggunakan air secukupnya
  3. Menjaga kebersihan air 

Hak kita terhadap ketersediaan air bersih

  1. Terpenuhinya kebutuhan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari
  2. Mendapatkan air yang cukup untuk kebutuhan
  3. Mendapatkan Fungsi utama air 

Mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan oleh perilaku masyarakat terhadap lingkungan, maka masyarakat harus secara sadar mengembangkan  perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan lingkungan alam. Bahkan, masyarakat pun harus mau bersatu padu dan bahu membahu menjaga kelestarian lingkungan alam. Misalnya, dengan bekerja bakti secara rutin membersihkan lingkungan, bergotong royong membangun sarana dan prasarana kebersihan. Selain kelestarian alam tetap terjaga, dengan kegiatan tersebut menujukkan adanya sikap  persatuan dan kesatuan masyarakat.


Rangkuman materi IPA kelas 4 tema 9 subtema 3 Kayanya Negeriku

Kopetensi Dasar Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Kayanya Negriku

  • 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.

Rangkuman Materi IPA Kelas Tema 9 subtema 3

Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam, baik abiotik (tak hidup) maupun biotik (hidup)

Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan. Batu bara, adalah salah satunya.  Selain itu, berbagai jenis bahan logam mulia bernilai tinggi pun ditambang.  Emas dan perak yang bernilai tinggi. Bahan tambang lain yang diambil dari bagian dalam lapisan bumi adalah nikel, timah, dan bauksit.

Sumber gambar : Buku Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Kemendikbud

Tidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia. Hampir semua jenis tumbuhan dan hewan juga dimanfaatkan oleh manusia.  Ada dua jenis hewan yaitu hewan peliharaan dan hewan liar yang hidup bebas di hutan.  Manusia membudidayakan beberapa jenis hewan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti ayam, sapi, beberapa jenis ikan, dan lainnya.  Hewan-hewanyang tidak dibudidayakan, dan hidup bebas di hutan seringkali diburu manusia. 

Beberapa jenis tumbuhan yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga, ditanam dan dibudidayakan. Beberapa tumbuhan mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi, misalnya pohon jati dan pohon cendana. Kayu cendana mempunyai aroma yang khas dan diburu banyak orang untuk pembuatan minyak wangi, hiasan, kipas tangan, dan pigura.

BACA JUGA

Rangkuman kelas 4 tema 5 subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Indonesia
Rangkuman kelas 4 tema 3 subtema 1 Kayanya Negeriku

Manusia memerlukan sumber energi lain atau energi alternatif untuk memenuhi kebutuhannya.  Sumber  energi  alternatif  berasal  dari  sumber  energi  yang  dapat diperbarui, contohnya sinar matahari, angin, air, panasbumi, gelombang laut, dan biomasa. Sumber energi alternatif yang dikembangkan saat ini memanfaatkan sumber energi yang tersedia di alam dan tidak akan habis yaitu matahari, angin, air, dan panas bumi.

1. Matahari

Energi  panas yang  dihasilkan  dapat  digunakan  untuk memanaskan ruangan, memanaskan air, dan keperluan lain. Pada saat ini sel-sel surya sudah biasa dijumpai di atap-atap rumah, rumah sakit, dan hotel–hotel. 

Sumber gambar : Buku Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Kemendikbud

2. Angin

Angin adalah gerakan udara di permukaan bumi yang terjadi karena perbedaan tekanan udara.Angin telah dimanfaatkan sejak dahulu sebagai sumber energi pada perahu layar dan kincirangin tradisional. Saat ini energi angin digunakan untuk  menghasilkan  listrik melalui  alat  yang  disebut aerogenerator. 

Sumber gambar : Buku Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Kemendikbud

3. Air

Air yang deras merupakan sumber energi gerak. Energi itu  biasa dimanfaatkan  sebagai  pembangkit tenaga listrik. Oleh karena itu, di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dibuat bendungan  air di tempat yang tinggi. Air yang dibendung tersebut, kemudian dialirkan menurun sehingga akan mengalir, seperti air terjun yang deras. Energi gerak dari air terjun tersebut digunakan untuk memutar generator pembangkit listrik. 

Sumber gambar : Buku Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Kemendikbud

4. Panas Bumi

Energi panas  bumi  (energi  geotermal) merupakan energi yang berasal dari panas yang disimpan di bawah permukaan bumi.  Bumi  yang  berbentuk,seperti  bola sesungguhnya tersusun darilapisan-lapisan. Pusat bumi terbentuk dari lapisan batuan yang sangat panas. Hal itu menunjukkan bahwa bumi merupakan sumber energi panas yang sangat besar. Pengembangan energigeotermal saat ini hanya layak di daerah dekat lempeng tektonik.  

Sumber gambar : Buku Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Kemendikbud

5. Gelombang Air Laut

Gelombang air laut saat memecah di pantai menghasilkan banyak energi. Energi ini dapat diubah menjadi energi listrik.

Sumber gambar : Buku Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Kemendikbud

6. Bahan Bakar Bio

Bahan bakar bio merupakan bahan bakar yang berasal dari makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan. Bahan bakar bio yang berasal dari tumbuhan di antaranya tumbuhan berbiji  yang  mengandung  minyak  seperti bunga matahari, jarak, kelapa sawit, kacang tanah, dan kedelai. Bahan bakar tersebut dikenal sebagai biodisel. Biodisel  dapat  digunakan  untuk  menggantikan  solar.


Rangkuman Materi IPS kelas 4 tema 9 subtema 3 Kayanya Negeriku

Kopetensi Daasar IPA kelas 4 Tema 9 Subtema 3 kayanya Negeriku

  • 3. 1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
  • 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk 
  • kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

Rangkuman Materi IPS Kelas 4 tema 9subtema 3 kayanya negeriku

Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia  terhadap Keseimbangan Ekosistem

1. Penebangan dan pembakaran hutan
Manusia melakukan penebangan dan pembakaran hutan secara liar demimembuka lahan pertanian,permukiman, serta mengambil kayu dari hutansebagai bahan dalam membuat perlengkapan rumah tangga. tersebut tentu saja membuat hutan menjadi gundul. 
Sumber gambar : Buku Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Kemendikbud

2. Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida secara berlebihan
Salah satu contoh penggunaan  bahankimia adalah penggunaan detergen sebagai bahan pembersih. Bahanini menghasilkan busa yang dapatmencemari lingkungan dan  penggunaan pestisida yang berlebihan untukmemberantas hama tanaman yang dapat membunuh hewan lain yanglebih menguntungkan. 
Sumber gambar : Buku Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Kemendikbud


3. Eksploitasi sumber daya laut
Eksploitasi sumber daya laut ini umumnya berupa kegiatan pengeboran minyak di laut. Kegiatan 
ini dapat menyebabkan pencemaran apabila terjadi kebocoran sehingga menyebabkan minyak mencemari laut. 
Sumber gambar : Buku Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Kemendikbud

4. Perpindahan penduduk
Perpindahan penduduk mengakibatkan daerah yang didatangi menjadisangat padat akibat jumlah pemukiman yang terbatas 
Sumber gambar : Buku Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Kemendikbud

5. Penggunaan kendaraan bermotor
Dalam menjalankan kendaraan bermotordibutuhkan bahan bakar, baik bensinmaupun solar. Namun, pembakaran bahanbakar tersebut menyebabkan polusi udara.
Perburuan liarPerusakan terumbu karang
Sumber gambar : Buku Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Kemendikbud

Melestarikan lingkungan merupakan hal yang wajib dilakukan. Agar sumber daya alam  tetap lestari kita harus melakukan usaha-usaha sebagai berikut.

  1. Penghematan bahan bakar dan listrik.
  2. Penggunaan energi alternatif, misalnya energi matahari, dan energi air.
  3. Penanaman kembali hutan-hutan yang gundul atau reboisasi.
  4. Melakukan pembibitan jenis tanaman unggul.
  5. Melakukan daur ulang bahan bekas.
  6. Tidak membuang sampah atau limbah ke wilayah perairan, baik sungai,danau, maupun laut.
  7. Tidak menebang hutan secara sembarangan. Kita harus melakukan tebangpilih. Artinya, kita hanya menebang pohon-pohon yang sudah berusia tua dansetelah menebang mau menanam dan menggantikan dengan pohon yanglebih muda.
  8. Tidak menangkap ikan dengan menggunakan racun, listrik, dan bahanpeledak.


Rangkuman materi SBdPkelas 4 tema 9 subtema 3 Kayanya Negeriku

Kopetensi Daasar IPA kelas 4 Tema 9 Subtema 3 kayanya Negeriku

3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2 Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.

Rangkuman Materi SBdPIPA kelas 4 Tema 9 Subtema 3 kayanya Negeriku

Poster adalah karya seni yang memuat komposisi gambar dan huruf yang ditulis diatas kertas. 

Poster bertujuan untuk memberikan Informasi, mengajak dan menghimbau banyak orang  untuk melakukan sesuatu seperti apa yang digambarkan atau apa yang dituliskan pada poster tersebu


Perwujudan rasa cinta lingkungan dapat dilakukan dengan banyak cara seperti pada lagu berikut.

Sumber gambar : Buku Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Kemendikbud


Aku Cinta Lingkungan" merupakan lagu yang diciptakan oleh Ully Gari Rusady. 

"Aku Cinta Lingkungan" 

Aku cinta lingkunganku 
Kujaga dan kusayangi 
Bersama ayah ibuku 
Membersihkan halamanku 

Bersihkan lingkunganku.
Bersihkan dari sampah 
Kata ayah dan ibuku 
Anak yang pandai 
Cinta lingkungan 

Aku cinta taman bunga 
Kurawat dan kusayangi 
Bersama ayah ibuku 
Menyirami taman bunga 

Nyanyikan secara bersama-sama lagu yang berjudul “Memandang Alam ”.
Sumber gambar : Buku Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Kemendikbud



Menyanyikan lagu "Memandang Alam" karya Tasya Rosamal

"Memandang Alam" 
Memandang alam dari atas bukit
Sejauh pandang kulepaskan
Sungai tampak berliku
Sawah hijau terbentang
Bagai permadani di kaki langit

Gunung menjulang berpayung awan
Oh, indah pemandangan
Oh, indah pemandangan

Memandang alam dari atas bukit
Sejauh pandang kulepaskan
Sungai tampak berliku
Sawah hijau terbentang
Bagai permadani di kaki langit

Gunung menjulang berpayung awan
Oh, indah pemandangan
La la la la la la la la la
La la la la la la la la la
La la la la la la la la la
La la la la la la la la la
Memandang alam dari atas bukit
Sejauh pandang kulepaskan
Sungai tampak berliku
Sawah hijau terbentang
Bagai permadani di kaki langit
Gunung menjulang berpayung awan
Oh, indah pemandangan
Oh, indah pemandangan
La la la la la la la la la
La la la la la la la la la
La la la la la la la la la
La la la la la la la la la
La la la la la la la la la

Rangkuman Materi B. Indonesia  kelas 4 tema 9 subtema 3 Kayanya Negeriku

Kopetensi Dasar Materi B. Indonesia kelas 4 Tema 9 Subtema 3 kayanya Negeriku

  • 3.3 Menggali informasi dari seorang tokohmelaluiwawancara menggunakan daftar pertanyaan.
  • 4.3 Melaporkan hasilwawancaramenggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.

Rangkuman Materi B. Indonesia kelas 4 Tema 9 Subtema 3 kayanya Negeriku

Hal yang harus dilakukan saat tugas wawancara dari guru
  1. Siswa melakukan wawancara untuk mencari informasi dan data mengenai perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu yang dapat merusak lingkungan.
  2. Sebelum melakukan wawancara siswa melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu seperti menentukan nara sumber, waktu, dan membuat daftar pertanyaan.
  3. Saat melakukan wawancara, siswa melakukannya dengan sikap sopan dan penuh rasa ingin tahu.
  4. Siswa bertanya kepada nara sumber sesuai dengan daftar pertanyaan yang telah dibuatnya
  5. Siswa mencatat setiap data dan informasi yang disampaikan oleh narasumber.
  6. Selesai wawancara, siswa membuat laporan hasil wawancara sesuai format pada buku siswa.
 Carilah informasi penting pada bacaan tersebut. Kemudian, lengkapilah gambar peta .

Sumber gambar : Buku Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Kemendikbud

Laporkan hasil wawwncara dengan format sebagai berikut!

Sumber gambar : Buku Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Kemendikbud



Demikianlah rangkuman  Rangkuman Kelas 4 tema 9 Subtema 3 Kayanya Negeriku dengan judul subtema adalah  Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Semoga Rangkuman Kelas 4 tema 9 Subtema 3 Kayanya Negeriku ini bermanfaat untuk adik-adik dan para orang tua di rumah.

Pencarian terkait :
  • Rangkuman Kelas 4 tema 9 Subtema 3 Kayanya Negeriku
  • Materi kelas 4 tema 9 subtema 3 kayanya negeriku
  • Materi kelas 4 tema  9 subtema 3 pelestarian alam Indonesia
  • Buku kelas 4 tema 9 subtema 3 kayanya negeriku
  • Rangkuman kelas 4 tema 3 subtema 3


Uji Kemampuan Materi Kelas 4 tema 9 Subtema 3 Kayanya Negeriku

Jika adek-adek ingin mencoba menjawab soal-soal kelas 4 tema 9 subtema 3 kayanya negeriku, adik-adik bisa menjawab sola pada link berikut :

Soal Tematik Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Kayanya Negeriku


Rangkuman Kelas 4 tema 9 Subtema 3 Kayanya Negeriku Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muslimah