Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 | Kumpulan Soal Tematik SD

Sunday, 26 September 2021

Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3

Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan 

Rangkuman materi kelas  5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan. Rangkuman materi kelas 5 tema 8 Lingkungan sahabat kita sesuia dengan kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3  di buat dengan harapan  dapat memberikan manfaat dan faedah untuk bapak ibu guru agar lebih mudah memahami materi pokok atau materi inti   tema 8 kurikulum 2013 dengan judul “Lingkungan sahabat kita”. Untuk disampakan kepada murid-muridnya di sekolah atau dilembaga bimbingan belajar lainnya. 

Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3
Rangkuma kelas 5 tema 8 subtema 3

Rangkuman kelas 3 tema 8 subtema  ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 8 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 upaya pelestraian lingkunagn ini kami lengkapi dengan Kopetensi Dasar dengan tujuan para pengajar dan peserta didik memahami betul kopetensi dasar apa yang harus di capai agar pemebalajran tidak kesana kemari.

Rangkuman Kelas 5 tema 8 subtema 3 upaya pelestarianlingkungan ini juga sudah kami pisah sesuai dengan mutan pelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia PPKN dan SBdP. Tujuannya untuk mempermudah adik-adik dan para guru saat proses pembelajaran.


Rangkuman kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Lingkangan Sahabat Kita Mata Pelajara PPKN

Kopetensi Dasa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN

1.3 Mensyukuri keragaman sosial masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika
2.3 Bersikap toleran dalam keragaman sosial budaya masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika
3.3  Menelaah keragaman sosial budaya masyarakat
4.3  Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keragaman sosial budaya masyarakat

Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN

Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang  menjadi petani, penjahit, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya.

Kegiatan  ekonomi yang   dilakukan setiap  orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain  dapat dilihat dari  kegiatan  produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang  terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi. Tenaga  kerja akan memperoleh balas jasa dari  produsen berupa upah atau gaji dari  produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh  distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.

Banyak pihak terlibat dalam proses produksi pakaian. Ada petani tanaman kapas, pekerja pemintalan, penenun kain, penjahit, dan pengusaha garmen. Setiap pelaku dalam proses produksi pakaian itu mempunyai peran penting, begitu pula dalam proses produksi benda lain. Oleh karena itu hendaknya kita perlu menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain.

Cara menghargai kegiatan usaha ekonomi dapat dilakukan sebagai berikut.

  1. Menumbuhkan persaingan usaha yang  sehat dalam kegiatan perekonomian.
  2. Menghormati   usaha   ekonomi   orang   lain     dengan   tidak   iri    atas keberhasilannya.
  3. Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang  dilakukan orang lain.
  4. Meneladani keberhasilan orang lain  dengan  meniru sikap positif orang tersebu

Nilai-nilai kebersamaan dalam keragaman sosial di lingkungan tempat tinggalku:

  1. Saling menghargai antar sesama
  2. Bergotong royong antar sesama
  3. Menolong jika sesama memerlukan
  4. Saling bekerja sama antar sesama

Macam Kebudayaan :

a. Kebudayaan Jasmani

merupakan kebudayaan yang dapat dirasakan, dilihat dan diraba. Contohnya arsitektur bangunan, rumah adat, pakaian adat, alat musik, senjata tradisional, makanan tradisional.

b. Kebudayaan Rohani

merupakan kebudayaan yang dapat dirasakan tetapi tidak dapat dilihat atau diraba. Contohnya ideologi dan kepercayaan


Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3  lingkungan  Sahabat Kita pelajaran IPA

Kopetensi Dasa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 IPA

3.8  Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup
4.8  Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber

Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 IPA

Sebagian besar (97%) air yang menutupi planet bumi ini berupa air laut. Air laut tidak bagus untuk diminum. Air laut juga tidak dapat digunakan dalam kebanyakan industri dan keperluan rumah tangga. Untunglah 3% air di dunia berupa air segar, yaitu air yang tidak asin dan dapat digunakan untuk minum, memasak, dan mencuci. 

Persyaratan  air   bersih  meliputi tiga  komponen, yaitu   persyaratan secara fisik,  secara  kimia, dan  kandungan  mikroba yang   terdapat  di dalamnya.

1. Persyaratan secara fisik

  1. Tidak keruh
  2. Tidak berwarna apa pun 
  3. Tidak berasa apa pun
  4. Tidak berbau apa pun
  5. Suhu antara 10 derjat-25derajat  C (sejuk)
  6. Tidak meninggalkan endapan

2. Syarat kimiawi

  1. Tidak mengandung bahan kimiawi yang  mengandung racun 
  2. Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang  berlebihan
  3. Cukup  yodium
  4. pH (derajat keasaman) air antara 6,5 – 9,2

3. Syarat mikrobiologi

Tidak  mengandung  kuman-kuman  penyakit seperti disentri, tipus, dan kolera

sumber gambar : waterpluspure.wordpresscom

Masyarakat memerlukan  air  dalam jumlah yang   sangat  besar. Air yang  akan digunakan diambil dari  sungai-sungai terdekat atau sumber- sumber air  lain  seperti sumur. Air dari  sungai dan sumber-sumber air dialirkan dan disimpan dalam tangki penampung  yang   sangat besar. Tangki  penampungan berisi air ditambahkan sejumlah kecil gas chlorine untuk membunuh kuman berbahaya. Selanjutnya, air  dipompa melalui pipa bawah tanah menuju ke  rumah-rumah penduduk. Air inilah yang digunakan untuk keperluan sehari-hari masyarakat.

Sumber air lainnya didapat dari  penggalian tanah. Lubang penggalian ini  dinamakan sumur. Masyarakat membuat sumur sebagai sumber air untuk keperluan sehari-hari. Dahulu, orang menggunakan timba untuk mengambil air  dari  sumur.

Persediaan  air   bersih semakin  berkurang karena  cadangan  air   tanah berkurang. Cadangan air  tanah berkurang karena air  hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai dan terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang  dapat menahan air  di dalam tanah. Banyak pohon di  hutan ditebangi.

Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering pada musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari- hari. Hasil  panen pun  jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan.

Ada  beberapa tindakan yang   dapat kita   lakukan untuk ikut  membantu mengurangi krisis  air bersih sebagai berikut.

  1. Menghemat penggunaan air
  2. Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
  3. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air  di  dalam tanah.

Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetatpi kita harus menggunakan air secara bijaksana. Menghemat penggunaan air sangat bermanfaat demi kelangsungan semua mahluk hidup.


Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan  pelajaran IPS

Kopetensi Dasa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN

3.3  Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di 
bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia  serta hubungannya dengan karakteristik ruang
4.3  Menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa

Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN

Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyaraka

Dalam kehidupan sehari-hari, kita  tidak lepas dari  kegiatan ekonomi.  Kegiatan  ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi ini  saling berkaitan satu sama lain. Satu kegiatan ekonomi terhambat, akan mengganggu kegiatan ekonomi lainnya.

1. Produksi

Produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih   bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Orang yang  melakukan kegiatan produksi disebut  produsen.  

Sumber gambar : buku tematik kelas 5 tema 8 Kemendikbud

Kegiatan produksi berpengaruh terhadap kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi adalah barang atau jasa yang  dapat memberikan manfaat atau keuntungan. Sumber daya ekonomi dapat berasal dari  sumber daya alam atau sumber daya manusia. Sumber daya ekonomi dapat  diolah menjadi modal dasar  pembangunan.  Bagi pemilik sumber daya ekonomi, adanya proses produksi memungkinkannya memperoleh balas jasa. Balas jasa ini  berupa sewa, bunga modal, atau gaji. Dengan balas jasa ini, pemilik sumber daya ekonomi dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Bagi  produsen, adanya proses produksi menyebabkan produsen memperoleh keuntungan.  Selanjutnya, keuntungan  tersebut  digunakan untuk menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup. Ini dilakukan dalam upaya mencapai kemakmuran hidup.

2. Distribusi

 Distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari  produsen ke  konsumen.  Orang yang   melakukan kegiatan  ini  disebut distributor. Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang  memadai. Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen dengan cepat dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.

Sumber gambar : buku tematik kelas 5 tema 8 Kemendikbud

3. Konsumsi

Konsumsi  adalah kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai  guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang  melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan ter- tentu. Pengorbanan dapat berupa uang atau waktu.

Sumber gambar : buku tematik kelas 5 tema 8 Kemendikbud

Setiap pelaku kegiatan ekonomi memiliki peran yang saling menguntungkan. Menurut kodratnya, manusia berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai  makhluk sosial,  manusia  akan  berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain.  Sebagai makhluk ekonomi, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun makhluk ekonomi, manusia hendaknya memiliki etika moral. Dengan etika moral, manusia dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang  dilakukan oleh  orang lain.

Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan  pelajaran SBDP

Kopetensi Dasa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN

3.1 Memahami gambar cerita
4.1 Membuat gambar cerita

Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN

Arti gambar cerita

Gambar cerita adalah gambar yang berisi tentang suatu peristiwa. atau Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa

Ciri-ciri karya gambar cerita

  1. Memperjelas ide cerita atau narasi.
  2. Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan.
  3. Menambah nilai keindahan sajian sebuah tulisan atau cerita
  4. Menceritakan urutan beristiwa
  5. Memuat gambar lebih banyak daripada teks cerita

Langkah-Langkah Membuat Gambar  Cerita

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang  akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.

2. Menentukan Tema

Pemilihan tema akan menentukan gambar yang  akan dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain.

3. Pembuatan Sketsa

Setelah menentukan tema  langkah selanjutnya yaitu   membuat sketsa. Sketsa sebaiknya dibuat lebih  dari satu agar kita  dapat  memilih yang terbaik.

4. Penyelesaian Gambar

Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling baik.  Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang  tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang  dirasa perlu agar gambar tampak lebih  hidup.

Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi.  Kamu  dapat mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering. Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan  cat   air,   cat   minyak, atau  tinta.  Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.

Sumber gambar : buku tematik kelas 5 tema 8 Kemendikbud


Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan  pelajaran B. Indonesia

Kopetensi Dasa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN

3.8  Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
4.8  Menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang terdapat pada teks fiksi

Rangkuman  Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN

1. Membuat kalimat tanya berdasarkan gambar
Perhatikan gambar di bawah ini!


Berdasarkan gambar di atas jawabalah pertanyaan berikut!
1.  Kegiatan apa yang dilakukan pada gambar tersebut?
2.  Di mana kegiatan itu biasa dilakukan? 
3.  Apa tujuan dari kegiatan itu? 
4.  Apa manfaat dari kegiatan itu?


2.  Setiap bacaan yang kamu baca memuat inti masalah. Inti masalah merupakan informasi penting yang dibahas dalam bacaan. Informasi penting dalam bacaan meliputi :
a. objek yang dibicarakan  (apa)
b. berkaitan dengan orang yang ada dalam pembicaraan (siapa)
c. berkaitan dengan waktu (kapan)
d. berkaitan dengan tempat (di mana)
e. berkaitan dengan alasan (mengapa)
f. berkaitan dengan uraian peristiwa (bagaimana)

Soal Kelas 5 Tema 8 Subtema 3

Bagi adek-adek yang membutuhkan soal untuk berlatih setelah membaca rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 silahkan klik link dibawah ini:

Soal kelas 5 tema 8 subtema 3 linkungan sahabat kita

Sumber : 

Buku siswa Lingkungan sahabat kita buku tematik kelas 6 kurikulum 2013 Kemendikbud, ditulis oleh  Heny Kusumawati

Buku guru Lingkungan sahabat kita buku tematik kelas 6 kurikulum 2013 Kemendikbud, ditulis oleh  Heny Kusumawati

Demikianlah rangkuman  kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestaraian lingkungan sesuai kurikulum 2013. Semoga soal ini dapat membantu bapak/ibu guru serta adik adik dalam proses kegiatan pembelajaran di sekolah atau di rumah.

Pencarian terkait :

  • Rangkuman kelas 3 tema 8 subtema 3
  • Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Lingkungan sahabat kita
  • Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya peletarin lingkungan

  • Ringkasan materi kelas 3 tema 8 subtema 3
  • Ringkasan materi  5 tema 8 subtema 3 Lingkungan sahabat kita
  • Ringkasan materi  5 tema 8 subtema 3 Upaya peletarin lingkungan



Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muslimah