Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan
Rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan. Rangkuman materi kelas 5 tema 8 Lingkungan sahabat kita sesuia dengan kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 di buat dengan harapan dapat memberikan manfaat dan faedah untuk bapak ibu guru agar lebih mudah memahami materi pokok atau materi inti tema 8 kurikulum 2013 dengan judul “Lingkungan sahabat kita”. Untuk disampakan kepada murid-muridnya di sekolah atau dilembaga bimbingan belajar lainnya.
Rangkuma kelas 5 tema 8 subtema 3 |
Rangkuman kelas 3 tema 8 subtema ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 8 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal.
Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 upaya pelestraian lingkunagn ini kami lengkapi dengan Kopetensi Dasar dengan tujuan para pengajar dan peserta didik memahami betul kopetensi dasar apa yang harus di capai agar pemebalajran tidak kesana kemari.
Rangkuman Kelas 5 tema 8 subtema 3 upaya pelestarianlingkungan ini juga sudah kami pisah sesuai dengan mutan pelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia PPKN dan SBdP. Tujuannya untuk mempermudah adik-adik dan para guru saat proses pembelajaran.
Rangkuman kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Lingkangan Sahabat Kita Mata Pelajara PPKN
Kopetensi Dasa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN
Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN
Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, penjahit, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya.
Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain dapat dilihat dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi. Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji dari produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.
Banyak pihak terlibat dalam proses produksi pakaian. Ada petani tanaman kapas, pekerja pemintalan, penenun kain, penjahit, dan pengusaha garmen. Setiap pelaku dalam proses produksi pakaian itu mempunyai peran penting, begitu pula dalam proses produksi benda lain. Oleh karena itu hendaknya kita perlu menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain.
Cara menghargai kegiatan usaha ekonomi dapat dilakukan sebagai berikut.
- Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian.
- Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
- Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain.
- Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebu
Nilai-nilai kebersamaan dalam keragaman sosial di lingkungan tempat tinggalku:
- Saling menghargai antar sesama
- Bergotong royong antar sesama
- Menolong jika sesama memerlukan
- Saling bekerja sama antar sesama
Macam Kebudayaan :
a. Kebudayaan Jasmani
merupakan kebudayaan yang dapat dirasakan, dilihat dan diraba. Contohnya arsitektur bangunan, rumah adat, pakaian adat, alat musik, senjata tradisional, makanan tradisional.
b. Kebudayaan Rohani
merupakan kebudayaan yang dapat dirasakan tetapi tidak dapat dilihat atau diraba. Contohnya ideologi dan kepercayaan
Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 lingkungan Sahabat Kita pelajaran IPA
Kopetensi Dasa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 IPA
Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 IPA
Sebagian besar (97%) air yang menutupi planet bumi ini berupa air laut. Air laut tidak bagus untuk diminum. Air laut juga tidak dapat digunakan dalam kebanyakan industri dan keperluan rumah tangga. Untunglah 3% air di dunia berupa air segar, yaitu air yang tidak asin dan dapat digunakan untuk minum, memasak, dan mencuci.
Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen, yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba yang terdapat di dalamnya.
1. Persyaratan secara fisik
- Tidak keruh
- Tidak berwarna apa pun
- Tidak berasa apa pun
- Tidak berbau apa pun
- Suhu antara 10 derjat-25derajat C (sejuk)
- Tidak meninggalkan endapan
2. Syarat kimiawi
- Tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun
- Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan
- Cukup yodium
- pH (derajat keasaman) air antara 6,5 – 9,2
3. Syarat mikrobiologi
Tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus, dan kolera
sumber gambar : waterpluspure.wordpresscom |
Masyarakat memerlukan air dalam jumlah yang sangat besar. Air yang akan digunakan diambil dari sungai-sungai terdekat atau sumber- sumber air lain seperti sumur. Air dari sungai dan sumber-sumber air dialirkan dan disimpan dalam tangki penampung yang sangat besar. Tangki penampungan berisi air ditambahkan sejumlah kecil gas chlorine untuk membunuh kuman berbahaya. Selanjutnya, air dipompa melalui pipa bawah tanah menuju ke rumah-rumah penduduk. Air inilah yang digunakan untuk keperluan sehari-hari masyarakat.
Sumber air lainnya didapat dari penggalian tanah. Lubang penggalian ini dinamakan sumur. Masyarakat membuat sumur sebagai sumber air untuk keperluan sehari-hari. Dahulu, orang menggunakan timba untuk mengambil air dari sumur.
Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang. Cadangan air tanah berkurang karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai dan terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi.
Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering pada musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari- hari. Hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan.
Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih sebagai berikut.
- Menghemat penggunaan air
- Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
- Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.
Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetatpi kita harus menggunakan air secara bijaksana. Menghemat penggunaan air sangat bermanfaat demi kelangsungan semua mahluk hidup.
Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan pelajaran IPS
Kopetensi Dasa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN
Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN
Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyaraka
Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi ini saling berkaitan satu sama lain. Satu kegiatan ekonomi terhambat, akan mengganggu kegiatan ekonomi lainnya.
1. Produksi
Produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.
Sumber gambar : buku tematik kelas 5 tema 8 Kemendikbud |
Kegiatan produksi berpengaruh terhadap kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi adalah barang atau jasa yang dapat memberikan manfaat atau keuntungan. Sumber daya ekonomi dapat berasal dari sumber daya alam atau sumber daya manusia. Sumber daya ekonomi dapat diolah menjadi modal dasar pembangunan. Bagi pemilik sumber daya ekonomi, adanya proses produksi memungkinkannya memperoleh balas jasa. Balas jasa ini berupa sewa, bunga modal, atau gaji. Dengan balas jasa ini, pemilik sumber daya ekonomi dapat memenuhi kebutuhan hidup.
Bagi produsen, adanya proses produksi menyebabkan produsen memperoleh keuntungan. Selanjutnya, keuntungan tersebut digunakan untuk menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup. Ini dilakukan dalam upaya mencapai kemakmuran hidup.
2. Distribusi
Distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor. Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang memadai. Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen dengan cepat dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.
Sumber gambar : buku tematik kelas 5 tema 8 Kemendikbud |
3. Konsumsi
Konsumsi adalah kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan ter- tentu. Pengorbanan dapat berupa uang atau waktu.
Sumber gambar : buku tematik kelas 5 tema 8 Kemendikbud |
Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan pelajaran SBDP
Kopetensi Dasa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN
Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN
Gambar cerita adalah gambar yang berisi tentang suatu peristiwa. atau Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa
Ciri-ciri karya gambar cerita
- Memperjelas ide cerita atau narasi.
- Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan.
- Menambah nilai keindahan sajian sebuah tulisan atau cerita
- Menceritakan urutan beristiwa
- Memuat gambar lebih banyak daripada teks cerita
Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita
1. Persiapan Bahan dan Alat
Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.
2. Menentukan Tema
Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain.
3. Pembuatan Sketsa
Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa. Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.
4. Penyelesaian Gambar
Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling baik. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup.
Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi. Kamu dapat mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering. Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta. Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.
Sumber gambar : buku tematik kelas 5 tema 8 Kemendikbud |
Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan pelajaran B. Indonesia
Kopetensi Dasa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN
Rangkuman Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 PPKN
Soal Kelas 5 Tema 8 Subtema 3
Soal kelas 5 tema 8 subtema 3 linkungan sahabat kita
Sumber :
Buku siswa Lingkungan sahabat kita buku tematik kelas 6 kurikulum 2013 Kemendikbud, ditulis oleh Heny Kusumawati
Buku guru Lingkungan sahabat kita buku tematik kelas 6 kurikulum 2013 Kemendikbud, ditulis oleh Heny Kusumawati
Demikianlah rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya pelestaraian lingkungan sesuai kurikulum 2013. Semoga soal ini dapat membantu bapak/ibu guru serta adik adik dalam proses kegiatan pembelajaran di sekolah atau di rumah.
Pencarian terkait :
- Rangkuman kelas 3 tema 8 subtema 3
- Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Lingkungan sahabat kita
- Rangkuman kelas 5 tema 8 subtema 3 Upaya peletarin lingkungan
- Ringkasan materi kelas 3 tema 8 subtema 3
- Ringkasan materi 5 tema 8 subtema 3 Lingkungan sahabat kita
- Ringkasan materi 5 tema 8 subtema 3 Upaya peletarin lingkungan