--> Pembahasan Jawaban Halaman 64-65 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka: Menentukan Pecahan Lebih Besar atau Lebih Kecil | Kumpulan Soal Soal SD

Kumpulan dan pembahasan soal SD

Tuesday, 11 February 2025

Pembahasan Jawaban Halaman 64-65 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka: Menentukan Pecahan Lebih Besar atau Lebih Kecil

| Tuesday, 11 February 2025

Pada pelajaran Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka, khususnya di halaman 64-65, kita akan membahas tentang menentukan nilai pecahan yang lebih besar atau lebih kecil. Materi ini sangat penting untuk dipahami karena merupakan dasar dalam mempelajari konsep pecahan lebih lanjut. Artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap mengenai cara membandingkan pecahan serta langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menentukan mana yang lebih besar atau lebih kecil.




Soal dan Jawaban Nomor 1


Soal dan Jawaban Nomor 2


Soal dan Jawaban Nomor 3


Soal Nomor 4: Isilah titik-titik berikut dengan notasi ">" atau "<"!

a. 1/5 ... 3/5
Jawaban: 1/5 < 3/5
Penjelasan: Nilai 1/5 lebih kecil dari 3/5 karena pembilangnya lebih kecil sedangkan penyebutnya sama.

b. 2/4 ... 3/4
Jawaban: 2/4 < 3/4
Penjelasan: Nilai 2/4 lebih kecil dari 3/4 karena pembilangnya lebih kecil dengan penyebut yang sama.

c. 3/8 ... 2/8
Jawaban: 3/8 > 2/8
Penjelasan: Nilai 3/8 lebih besar dari 2/8 karena pembilangnya lebih besar dengan penyebut yang sama.

d. 5/10 ... 2/10
Jawaban: 5/10 > 2/10
Penjelasan: Nilai 5/10 lebih besar dari 2/10 karena pembilangnya lebih besar dengan penyebut yang sama.

e. 11/13 ... 12/13
Jawaban: 11/13 < 12/13
Penjelasan: Nilai 11/13 lebih kecil dari 12/13 karena pembilangnya lebih kecil dengan penyebut yang sama.


Soal Nomor 5: Perbandingan Panjang Tongkat Asep dan Azizah

Pertanyaan:
Asep mempunyai tongkat sepanjang 3/6 meter. Azizah mempunyai tongkat sepanjang 2/6 meter. Bandingkan panjang tongkat keduanya. Tongkat siapakah yang lebih panjang?

Jawaban:
3/6 > 2/6
Penjelasan: Panjang tongkat Asep lebih besar dari tongkat Azizah karena 3/6 memiliki pembilang yang lebih besar dibandingkan 2/6 dengan penyebut yang sama. Oleh karena itu, tongkat Asep lebih panjang.


Artikel ini telah dirancang agar mudah dipahami oleh siswa

Baca Juga

Guru Pendamping

Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini

Rekomendasi Web

Dapatkan bahan pelajaran lainnya di Link berikut ini (Klik Di sini)

Kesimpulan

Membandingkan pecahan adalah keterampilan dasar yang penting dalam matematika. Dengan memahami konsep pecahan sejenis dan pecahan tak sejenis, serta cara mencari KPK untuk menyamakan penyebut, kamu dapat dengan mudah menentukan pecahan mana yang lebih besar atau lebih kecil. Latihan yang terus-menerus akan membuat kamu semakin mahir dalam memecahkan soal-soal pecahan.

Dengan pembahasan ini, semoga kamu bisa lebih mudah memahami materi di halaman 64-65 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Jangan lupa untuk terus berlatih dan menerapkan langkah-langkah yang telah dijelaskan. Selamat belajar!

Related Posts