Pada buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka, halaman 136-137 memberikan materi tentang volume bangun ruang. Pembahasan ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep dasar tentang pengukuran ruang dalam bangun tiga dimensi, seperti kubus, balok, dan benda lainnya. Dengan memahami konsep volume bangun ruang, siswa dapat mengukur seberapa banyak ruang yang ada di dalam suatu bangun ruang.
L
1. Tentukan volume dari gambar A, B, C, D dengan menggunakan satuan volume.

Pada gambar yang diberikan, setiap kubus memiliki volume sebesar 1 cm³. Untuk menentukan volume, kita cukup menghitung jumlah kubus yang membentuk setiap bangun. Berikut adalah hasilnya:
- Volume bangun A: 4 cm³
- Volume bangun B: 6 cm³
- Volume bangun C: 9 cm³
- Volume bangun D: 12 cm³
Apakah ada bangun yang memiliki volume yang sama?
Dari hasil perhitungan, tidak ada dua bangun yang memiliki volume yang sama.
2. Jika volume setiap kubus adalah 1 cm³, tentukan volume gambar berikut dengan menghitung jumlah kubus satuan:

Untuk latihan ini, gambar (a) hingga (e) masing-masing memiliki sejumlah kubus yang membentuknya. Hitung jumlah kubus satuan, maka:
- Volume bangun (a): 3 cm³
- Volume bangun (b): 6 cm³
- Volume bangun (c): 8 cm³
- Volume bangun (d): 12 cm³
- Volume bangun (e): 10 cm³
3. Jika volume setiap kubus adalah 1 cm³. Diberikan volume bangun adalah 12 cm³. Gambarkan bangun dengan kubus satuan!
Untuk menggambarkan bangun dengan volume 12 cm³, kita perlu menyusun 12 kubus satuan. Bentuknya dapat bervariasi, misalnya:
- Sebuah balok dengan dimensi 3 × 2 × 2.
- Sebuah L-shape yang terdiri dari dua lapisan, masing-masing dengan 6 kubus.
Bangun tersebut harus diatur agar jumlah keseluruhan kubus tetap 12.
Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini
Kerjakan Soal Online
Kerjakan soal Online kamu pada Web berikut