Rangkuman Kelas 4 Tema Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah tempat Tinggalku | Kumpulan Soal Tematik SD

Wednesday 4 August 2021

Rangkuman Kelas 4 Tema Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah tempat Tinggalku

Rangkuman  Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Daerah Tempat Tinggalku merupakan kelanjuta dari postingan kami sebelumnya yaitu Rangkuman Tema 8 Subtema 1  Daerah Tempat Tinggalku .  Rangkumn ini terdiri dari materi IPA, PKN, IPS, Bahasa Indonesia  dan SBDP dengan memperhatikan standar kopetensi yang telah di tetapkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rangkuman Kelas 4 Tema Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah tempat Tinggalku


Ranguman Materi B. Indonesia  Kelas 4 Tema Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah tempat Tinggalku  

Kopetensi Dasar
3.9 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
4.9 Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh 
yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual.

Ringkasan materi
Cerita Fiksi: cerita yang tidak benar-benar terjadi, sengaja dikarang oleh pengarang. Termasuk karya sastra berbentuk prosa.

Bagian-bagian Prosa:

1. Tokoh: pelaku cerita
a. Tokoh Utama: memiliki peran penting dan ditampilkan terus-menerus

b. Tokoh Tambahan: muncul beberapa kali saja untuk menghidupkan cerita

2. Alur: urutan rangkaian cerita

3. Tema: pokok masalah yang dibahas dalam cerita

4. Pencerita: pihak yang menceritakan kisah, bisa penulis atau salah satu tokoh

5. Latar: tempat dan waktu terjadinya cerita

6. Watak: sifat yang dimiliki masing-masing tokoh

Fabel: cerita tentang kehidupan hewan yang berperilaku seperti manusia untuk menyampaikan pesan moral terkait perilaku manusia.

Legenda: cerita rakyat yang dihubungkan dengan tokoh sejarah dan dibumbui dengan kesaktian tokoh-tokohnya dan dianggap benar-benar terjadi. Umumnya menceritakan tentang asal mula terbentuknya suatu tempat.

Membaca Intensif: membaca secara menyeluruh untuk memahami teks bacaan dengan baik dan mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan tersebut.

Rangkuman Materi Ilmu Pengetahun Sosial  Kelas 4 Tema Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah tempat Tinggalku  

Kopetensi Dasar
3.3    Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang 
pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
 4.3    Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi  dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

Ringkasan Materi
Kegiatan Ekonomi: kegiatan manusia untuk mendapatkan penghasilan, barang, atau jasa tertentu untuk mencapai kesejahteraan.

Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi:
Produksi: menciptakan suatu barang atau menawarkan jasa
Distribusi: menyalurkan barang/jasa ke tangan konsumen dengan memanfaatkan alat transportasi baik tradisional maupun modern
Konsumsi: memakai/memanfaatkan barang/jasa

Kegiatan Ekonomi Masyarakat Berdasarkan Jenis Wilayah

Kondisi Fisik Dataran Tinggi: relief lebih kasar dan tingkat kemiringan lahan lebih curam, berhawa sejuk dan udara bersih

Kegiatan Ekonomi di Dataran Tinggi:

  1. Perkebunan
  2. Pertanian
  3. Objek Wisata
  4. Peternakan
  5. Kondisi Fisik Dataran Rendah: tersedia air yang cukup, iklim yang menunjang pertumbuhan tanaman, relief permukaan tanah cenderung datar, udara lebih panas

Kegiatan Ekonomi di Dataran Rendah:
  1. Pertanian (sawah irigasi, sawah tadah hujan)
  2. Perladangan dan perkebunan
  3. Peternakan
  4. Perikanan darat
  5. Kondisi Fisik Daerah Pantai/Pesisir: berbatasan dengan laut, berpasir, udara panas

Kegiatan Ekonomi di Daerah Pantai/Pesisir:
  1. Penangkapan dan pelelangan ikan
  2. Budidaya ikan air payau
  3. Usaha tambak udang
  4. Perdagangan (antarpulau maupun internasional)
  5. Objek wisata
  6. Pelabuhan laut (antarpulau maupun internasional)
  7. Pengeboran minyak lepas pantai

Rangkuman Materi IPA  Kelas 4 Tema Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah tempat Tinggalku  

Kopetansi Dasar
3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar.
4.4 Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.

Rinkasan Matari

Gaya: besaran berupa tarikan atau dorongan yang mempengaruhi keadaan suatu benda.
Alat Pengukur Gaya: dinamometer
Satuan Gaya: Newton (dilambangkan dengan N)
Pengaruh Gaya terhadap Benda:

Benda diam menjadi bergerak: mendorong meja, bermain tarik tambang
Benda bergerak menjadi diam: mengerem sepeda
Benda berubah bentuk: bermain lilin plastisin
Benda berubah arah gerak: bola berbalik arah ketika ditendang dan memantul dinding
Jenis-jenis Gaya:
  1. Gaya Otot: dihasilkan oleh tenaga otot manusia/hewan. Contoh: menendang bola, membawa air dalam ember.
  2. Gaya Gesek: dihasilkan oleh dua permukaan benda yang saling bersentuhan, besar kecilnya gaya dipengaruhi kasar halusnya permukaan benda. Contoh: mengerem sepeda, gesekan alas sepatu dengan lantai agar kita dapat berjalan tanpa tergelincir.
  3. Gaya Pegas: membuat benda memantul atau terlontar seperti pegas, dihasilkan oleh benda berbahan elastis seperti karet atau pegas. Contoh: bermain ketapel.
  4. Gaya Magnet: tarikan atau dorongan yang dihasilkan magnet, tidak tampak tetapi dapat menarik benda logam yang ada di dekatnya. Contoh: kutub utara dan selatan bumi (magnet alam), magnet batang/silinder/bentuk U/tapal kuda (magnet buatan).
  5. Gaya Gravitasi: gaya tarik yang menyebabkan semua benda di permukaan bumi tertarik menuju ke arah bawah (pusat bumi), besarnya dipengaruhi ketinggian tempat. Contoh: apel jatuh dari pohon.
  6. Gaya Listrik Statis: dimiliki benda bermuatan listrik untuk menarik benda di sekitarnya. Contoh: penggaris yang digosok ke rambut menarik serpihan kertas
  7. Rangkuman ini dibuat dengan mengacu pada Buku Tematik dan berbagai sumber lainnya.

Rangkuman Materi SBDP  Kelas 4 Tema Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah tempat Tinggalku  

Kopetensi Dasar
3.3 Mengetahui gerak tari kreasi
4.3 Meragakan gerak tari kreasi Daerah

Rinkasan Materi
1. Karya montase, kolase, aplikasi, dan mozaik merupakan karya seni rupa. Keempat jenis karya tersebut dibuat dengan teknik tempel. Bahan-bahan yang ditempelkan beragam.

2. Montase dibuat dengan menempelkan gambar-gambar yang sudah jadi. Gambar-gambar itu dapat diambil dari majalah bekas, surat kabar, atau media lainnya. Gambar-gambar itu kemudian disusun ulang membentuk gambar adegan baru sesuai yang kita inginkan.

3. Karya kolase dibuat menggunakan paduan aneka bahan (misalnya kertas, kain, kayu).  Aneka bahan itu ditempelkan pada permukaan gambar.

 
4. Mozaik dibuat dengan menempelkan potongan-potongan bahan. Dibandingkan kolase, potongan-potongan bahan yang ditempelkan lebih kecil. Bahan yang digunakan sejenis, misalnya kertas saja, kaca saja, atau keramik saja. Namun, supaya lebih menarik, digunakan macam-macam warna.


5.Karya aplikasi dibuat dengan menempelkan suatu bentuk dari bahan  tertentu. Karya aplikasi banyak diterapkan pada kerajinan kain.

Cara membuat karya montase:
  1. Tentukan tema karya, misalnya tentang keragaman budaya di Indonesia.
  2. Buatlah rancangan karya montase pada selembar kertas.
  3. Carilah gambar-gambar sesuai rancangan. Gambar-gambar dapat kamu peroleh dari buku bekas, majalah, atau koran bekas.
  4. Guntinglah gambar-gambar yang kamu peroleh.
  5. Rekatkan potongan gambar-gambar pada kertas sesuai rancangan.
  6. Jika perlu, lengkapi dengan gambar dengan menggunakan pensil, lalu warnailah.

Cara membuat karya kolase:

  1. Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih.
  2. Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas, kain, kayu, atau biji-bijian.
  3. Potong-potong bahan kolase, kecuali biji-bijian.
  4. Tempelkan potongan-potongan bahan pada gambar.

Cara membuat karya mozaik:

  1. Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih. 
  2. Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas atau kain.
  3. Potong-potong kertas atau kain menjadi potongan kecil-kecil.
  4. Tempelkan potongan-potongan bahan pada gambar.

Cara membuat karya aplikasi:

  1. Siapkan bahan untuk aplikasi, misalnya kain atau kertas (kertas berwarna atau kertas bekas kalender). 
  2. Rancanglah gambar pada selembar kertas sesuai dengan tema yang dipilih.
  3. Potonglah kain atau kertas menjadi bentuk tertentu, misalnya daun, bunga, binatang, atau bentuk-bentuk lain sesuai dengan gambar rancangan.
  4. Tempelkan potongan bentuk tersebut pada benda yang akan dihias. Tempelkan menggunakan lem atau dengan menjahit jika aplikasi menggunakan kain.

Rangkuman Materi PKN  Kelas 4 Tema Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah tempat Tinggalku  

Kopetensi Dasar
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. 
4.3 Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

Ringkasan
Keragaman Karakteristik Individu: perbedaan ciri khusus yang dimiliki tiap individu
  1. Keragaman Fisik: warna kulit, jenis rambut, tinggi badan, berat badan
  2. Keragaman Kegemaran: membaca, menggambar, bernyanyi, bermain bola
  3. Keragaman Sifat: ramah, jujur, rajin, sombong, pemalu
Karakteristik pelajar di kota Yogyakarta. Saat ini daerah Yogyakarta sudah dihuni banyak suku bangsa di Indonesia seperti suku Jawa, Sunda, Batak, serta etnis TiongHoa. Oleh karena itu, karakteristik pelajar yang ada di Yogyakarta beragam. Di sekolah, setiap pelajar harus bisa menghormati keragaman karakteristik di antaranya mau berteman dengan anak dari daerah lain tanpa memandang agama maupun sukunya. Begitu juga saat di lingkungan tempat tinggal, para pelajar dari berbagai daerah yang tinggal di satu lingkungan harus hidup rukun. 

Manusia harus hidup rukun di tengah tengah perbedaan. Perbedaan adalah karunia Tuhan. Perbedaan merupakan saranan untuk saling mengenal. Sebagai contoh, pada saat di lingkungan tempat tinggal mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan, para pelajar dari berbagai daerah pun ikut serta dalam bekerja bakti.

Demikianlah  Rangkuman Kelas 4 Tema Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah tempat Tinggalku semoga bermanfaat untuk adek-adek semua

Pencarin terkait :
  • Rangkuman Materi Kelas 4 tema 8
  • Keunikan daerah tempat tinggalku kelas 4 tema 8
  • Buku kelas 4 tema 8 daerah tempat tinggalku

Rangkuman Kelas 4 Tema Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah tempat Tinggalku Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muslimah