Rangkuman Kelas 6 Tema 6 subtema 1 Menuju Masyarakat Sejahtera dengan Judul Subtema Masyarakat Peduli Linkungan.
Rangkuman Kelas 6 Tema 6 subtema 1 Menuju Masyarakat Sejahtera, kami posting dan kami buat untuk melengkapi postingan kami sebelumnya. Hal ini sebagai jawaban untuk rekan-rekan yang mencari rangkuman materi untuk kelas 6 tema 6 subtema 1. Kami menyusun rangkuman ini dengan mengacu kepada buku yang di keluarkan oleh Kementrian Pendidikan Nasioanal dan Kebudayaan (Kemendikbud). Adapun judul bukunya adalah "Menuju Masyarakat Sejahtera" merupakan buku tematik terpadu kelas 6 tema 1 kurikulum 2013. Rangkum ini kami harapkan bisa di manfaat bagi adek-adek yang sedang mencari materi inti dari subtema 1 tema 6 Kelas 6. Shingga dengan hanya materi inti, tidak perlu menghabisakan banyak waktu untuk membaca buku paket.
Sumber Gambar : Buku Tematik Kemendikbud
Kopetansi Dasar Kelas 6 Tema subtema 1 Menuju Masyarakat Sejahtera
PPKn
Rangkuman Kelas 6 Tema 6 subtema 1 Menuju Masyarakat Sejahtera ini mengacu pada standar Kopetensi Dasar (KD) untuk Subtema 1. Dengan adanya Kopetensi Dasar (KD) diharapakan materinya fokus dan terarah. Berikut adalah Koptensi Dasar (KD) Tema 6 subtema 1 kelas 6.
1.2 Menghargai makna kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam menjalankan agama.
2.2 Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air.
3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
Bahasa Indonesia
3.7 Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya saja).
4.7 Menyampaikan kemungkinan informasi yang diperoleh berdasarkan membaca judulteks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi 4.2 Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
3.2 Memahami interval nada
4.2 Memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik
Rangkuman Kelas 6 Tema 6 subtema 1 Menuju Masyarakat Sejahtera
Kewajiban siswa di lingkungan dan di sekolah
1. Sebagai Warga yang baik kita harus peduli dengan lingkungan, contohnya dengan ikut kerja sama membersihkan jalan.
2. Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dan mesti di lakukan. sebagai anggota masyarakat ikut membantu membersihkan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan, dan mematuhi peraturan yang ada di lingkungan. Sedangkan sebagai siswa kita mempunyai kewajiban.
3. Hendaknya selalu mematuhi peraturan yang ada di lingkungan sekolah seperti memakai seragam sekolah sesuai ketentuan, tiba di sekolah sebelum bel tanda masuk berbunyi, menjaga ketenangan dan ketertiban di lingkungan sekolah, serta membuang sampah di tempat sampah
4. Kewajiban mengikuti pendidikan dasar bagi setiap warga negara Indonesia ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia pasal 31 ayat (2). Bunyi pasal 31 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya”.
Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia
1. Proklamasi berasal dari kata “proclamatio”, (dari bahasa Yunani), yang memiliki arti ‘pengumuman resmi kepada seluruh rakyat’.
2. Proklamasi kemerdekaan Indonesia terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945 yang dibacakan oleh Moch Hatta dan Soekarno atas nama bangsa Indonesia
3. Proklamasi kemerdekaan juga memiliki makna yang lain, di antaranya sebagai berikut :
Bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain.
Indonesia menjadi bangsa dan negara yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat serta
memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam hubungan internasional.
Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia.
Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan hukum kolonial menjadi hukum nasional.
Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur.
4. Bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih, dengan cara meningkatkan taraf kehidupan bangsanya, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.
Kata-kata Penting dalam Teks
1. Setiap judul teks memiliki kata-kata penting yang mencerminkan informasi dari dalam teks.
2. Kata-kata penting pada judul dapat menjadi pemandu bagi pembaca untuk menebak isi pokok atau informasi yang terdapat dalam teks
3. Kata Penting bisa disebut juga kata kunci.
Menyanyikan lagu "AkuCinta Lingkungan"
1. Lagu aku cinta lingkungan di karang oleh Ully Hari Rusadi.
2. Lagu aku cinta lingkungn di nyanyikan dengan birama 2/4
3 Berikut lirik lagu nya
Aku Cinta Lingkungan
Aku cinta lingkunganku
Kujaga dan kusayangi
Bersama ayah ibuku
Membersihkan halamanku
Bersihkan lingkunganku
Bersihkan dari sampah
Kata ayah dan ibuku
Anak yang pandai
Cinta lingkungan
Aku cinta taman bunga
Kurawat dan kusayangi
Bersama ayah ibuku
Menyirami taman bunga
4. Tangga nada pada lagu di atas adalah tangga nada C. Nada C dinyanyikan sebagai do atau C adalah do
5. Untuk memahami interval, kamu harus memahami tangga nada terutama berkaitan dengan pokok nada sebagai berikut.
Deretan nada-nada (naik turun) dari setiap tangga nada. Sebagai contoh
c - d - e - f - g - a - b - c - b - a - g - f - e - d - c.
Jarak antara nada satu ke nada lainnya. Sebagai contoh jarak untuk tangga nada mayor c - d - e - f - g - a - b – c adalah: 1 1 ½ 1 1 1 ½
Langkah dari nada satu dengan nada lainnya, misalnya dalam tangga nada C mayor nada c ke c langkah ke 1, c ke d langkah ke 2, dan c ke e langkah ketiga.
6. Interval adalah sebuah jangka ( langkah) dari nada ke nada lainnya. Jangka tersebut mempunyai nama tertentu yang disebut nama pangkat.
7. Interval selalu dibatasi oleh dua nada. Nada pertama disebut nada pangkal, nada kedua disebut nada selang.
8. Urutan tangga nada C mayor c’ d’ e’ f’ g’ a’ b’ c’’
c’ ke c’ adalah langkah ke- 1 disebut prime.
c’ ke d’ adalah langkah ke-2 disebut secondo.
c’ ke e’ adalah langkah ke-3 disebut terts.
c’ ke f’ adalah langkah ke-4 disebut kuart.
c’ ke g’ adalah langkah ke-5 disebut kuin.
c’ ke a’ adalah langkah ke-6 disebut sekst.
c’ ke b’ adalah langkah ke-7 disebut septim.
c’ ke c’’adalah langkah ke-8 disebut oktaf.
Masa Pubertas
1. Pubertas adalah tahapan ketika anak menjadi lebih dewasa secara seksual. Umumnya, pada anak perempuan, mereka akan melewati masa pubertas dalam rentang usia 10-14 tahun.
2. Ciri Pubertas laki-laki
Menguatnya otot-otot tubuh
Jakun mulai tumbuh
Tumbuhnya rambut-rambut halus, seperti kumis, di ketiak atau pubis (rambut kemaluan)
Suara menjadi terdengar lebih berat dan besar
Bertambahnya ukuran tulang menjadikan tubuh bertambah tinggi dan besar
Mulai mengalami mimpi basah (nocturnal orgasm)
Mulai muncul jerawat
Hormon seks semakin matang
3. Ciri Puberta Perempuan.
Pinggulmenjadi lebih lebar
Pelebaran pinggul,
Payudara mulai tumbuh membesar
Kematangan organ reproduksi
Tumbuhnya rambut halus di area kemaluan.
Adanya pertumbuhan rambut pada bagian ketiak.
Suara semakin halus
Mengalami Haid (mentruasi) terjadi pertama kali pada usia 10–16 tahun.
Upaya Mengisi Kemerdekaan
Penghargaan terhadap para pejuang bangsa serta para pahlawan bangsa dapat ditunjukkan dengan berbagai upaya untuk mengisi kemerdekaan guna tercapainya tujuan nasional bangsa Indonesia. adapun hal tersebut dapat dilakukan degan cara sebagai berikut :
Sebagai siswa, belajar dengan giat dan tekun di sekolah
Berprestasi di berbagai bidang misalnya olahraga, sastra, musik dan lain sebagainya.
Aktif dalam organisasi untuk menempa diri dengan materi kepemimpinan
Mempelajari kebudayaan suku sendiri dan suku lainnya serta aktif melestarikannya agar tidak punah
Memperkenalkan kebudayaan bangsa Indonesia kepada warga dunia melalui media sosial misalnya.
Giat ikut dalam kegiatan positif seperti menjadi relawan membantu korban bencana alam
Melakukan berbagai kegiatan amal yang bermanfaat bagi sesama
Ikut memajukan perekonomian bangsa dengan mengutamakan produk dalam negeri
Aktif menerapkan dan menyebarkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Menjadi pribadi yang kreatif dan aktif mencipta produk-produk positif juga termasuk upaya dalam mengisi kemerdekaan.
Merayakan kemerdekaan bangsa Indonesia setiap 17 Agustus, mengenang jasa-jasa para pahlawan dan lain sebagainya.
Kerukunan Kampung di Wenerojo Papua
1. Kampung Wonorejo, Arso Timur, Papua adalah salah satu kampung transmigran.
2. Keberadaan berbagai suku bangsa yang ada di Kampung Wonorejo ini tidak lepas dari kebijakan pemerintah tentang transmigrasi. Program transmigrasi di mulai sejak pemerintahan Orde Baru pada tahun 1961.
2. Potret Kampung Wonorejo, Arso Timur, menunjukkan kepada kita tentang kerukunan dalam keragaman Semua warga kampung hidup rukun walaupun berbeda asal usul suku bangsa, agama, dan budaya. Keragaman suku bangsa menjadi modal sosial dalam pembangunan.
3. Potret Kampung Kibay memberi gambaran kepada kita tentang mata pencaharian sebagian besar penduduk asli Papua dan para transmigran, seperti di Kampung Wonorejo. Di Kampung Wonorejo, kehidupan masyarakat cukup harmonis. Mereka hidup berdampingan dengan penduduk asli Papua
4. Warga Kampung Kibay dan Kampung Wonorejo tetap menjaga keutuhan
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Poster
1. Poster adalah pengumuman atau iklan dalam bentuk gambar, atau tulisan berisikan himbauan atau ajakan untuk melakukan sesuatu dan biasanya ditempelkan di dinding atau tempat-tempat
strategis yang sering dilalui banyak orang dan mudah terbaca. Dalam pengertian lain, Poster adalah media pemberitahuan suatu ide, gagasan atau hal penting kepada orang banyak. Poster merupakan karya seni hasil desain grafis yang mengandung teks, gambar atau keduanya yang bertujuan memberikan pesan atau informasi pada masyarakat.
2. Perhatikan gambar boster berikut
Sumber Gambar : Buku tematik kelas 6 tema 6 Kemendikbud
3. Poster pada gambar tersebut memberikan informasi kepada kita tentang pubertas pada anak laki-laki. Selain itu, poster tersebut juga memberikan informasi tentang cara menyikapi pubertas. Pubertas terjadi pada anak laki-laki dan perempuan.
4. Berikut unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam pembuatan poster.
1. Judul
Judul poster harus singkat, padat, dan jelas. Judul poster juga harus mencakup keseluruhan isi poster. Selain itu, perhatikan juga ukuran huruf yang digunakan dalam membuat poster. Judul poster sebaiknya dapat terbaca dari jarak sekitar 2 meter. Contoh judul poster yang dapat dibuat adalah Cara Menyikapi Ciri-ciri Pubertas.
2. Informasi (Isi)
Isi poster berisi penjelasan tentang judul poster. Isi poster sebaiknya
dibuat dalam bentuk poin-poin sehingga lebih efektif dan efisien. Ukuran
huruf yang digunakan dalam isi poster juga harus diperhatikan. Isi poster
sebaiknya dapat terbaca dari jarak sekitar 1 meter. Contoh isi poster yang
dapat dibuat berdasarkan judul di atas yaitu pengertian pubertas, ciri
kelamin sekunder pada pubertas, dan cara menyikapi ciri-ciri pubertas.
3. Gambar
Gambar membuat poster menjadi lebih menarik. Selain itu, gambar juga
memperjelas isi poster. Carilah atau buatlah gambar yang sesuai dengan
judul poster. Hal tersebut bertujuan agar gambar poster sesuai dan dapat
memperjelas isi poster.
4. Sumber (Daftar Pustaka)
Informasi dan gambar yang digunakan dalam pembuatan poster dapat
berasal dari berbagai sumber.
Kewajiban Anak di rumah
Seorang anak yang baik harus melaksanakan kewajibannya dengan baik pula dan harus ditanamkan sejak dini.
Menjaga kebersihan rumah
Mebantu orang tua
Henghormati oran tua
Hormat kepada kaka dan syang kepada adik
Menjaga nama baik keluarga
Belajar di rumah
patuh dan taat pada orang tua.
Itulah beberapa contoh kewajiban seorang anak di rumah.
Alat Musik Daerah
Berikut ini adalah gambar Alat musik daerah..
1. Angklung
Angklung adalah Alat musik asli dari daerah Jawa Barat. Alat musik ini dikembangkan di daerah Sunda. Dalam tradisi Sunda masa lalu, instrumen angklung sebenarnya memiliki fungsi ritual keagamaan – untuk mengundang Dewi Sri (Dewi padi lambang kemakmuran) agar turun ke bumi dan memberikan kesuburan pada padi.
2. Gamelan
Gamelan adalah alat musik yang berasal dari Jawa Tengah . Alat Musik ini pada mulanya di buat untuk yang merupakan alat untuk memanggil dewa. Namun setelah itu menjadi sebuah kesenian musik dengan set yang komplit.
4. Tiffa
Tifa pada dasarnya bisa ditemukan di Papua dan di Tanah Maluku. Hanya saja, terdapat perbedaan mencolok, dari bentuk antara Tifa dari Papua dan Maluku. Bila mana, Papua terdapat pegangan di sisinya, Tifa Maluku hanya berbentuk tabung biasa tanpa pegangan.
5.Ganda
Ganda merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Tengah. Dimana bentuk visualnya hampir mirip dengan gendang. Namun yang membedakannya, Ganda hanya memiliki satu sisi yang bisa dipukul.
Menyanyikan lagu Mariam Tomong
1. Lagu Mariam Tomong di Ciptakan leh Guru Nahum Situmorang.
2. Lagu Mariam Tomong adalah lagu yang berasal dari Sumatera Utara, lengkap dengan artinya.
3. Makna lagu Mariam Tomong adalah tentang perjuangan putra dan putri batak dalam mengusir penjajah di tanah mereka dengan menggunakan senjata berupa meriam bambu layaknya senapan mesin.
4. Berikut lirik lagi Mariam Tomong.
"Mariam Tomong"
Salendang ma diginjang kain panjang ma ditoru
Pangeol ni gonting ma songondengke ma mango lu
O Mariam Tomong dainang si napang masin
O Mariam Tomong dainang si napang masin
Met met dope singk-ru da nunga dihandang-handing
Met met dope si b-ru da nu-nga dihandang-handingi
O Mariam Tomong dainang si napang masin 2x
Halungka dua langka dua langka hundul ahu maradian
Ta-ngis a-hu ma-lu-ngun hu i-ngot ma si po-ri-ban
O Mariam Tomong dainang si napang masin 2x
Ganjang do dalan kuli si rodion ni parodi
Godang dona so muli rongkap ni naso mangoli
O Mariam Tomong dainang si napang masin 2x
Ndang markapal ahu i anggo so kapal Parapat
Ndang mangoli ahu anggo so boru Hutabarat
O Mariam Tomong dainang si napang masin 2x
Memainkan Interval Nada
1. Jarak antara nada disebut interval Nada
2. Interval nada dibagi menjadi dua bagin yaitu interval nada harmonis dan interval nada melodis, Interval harmonis adalah dua nada yang dibunyikan secara bersama. Interval melodis adalah dua nada yang dibunyikan secara bergantian. Perhatikan contoh berikut.
3. Interval ) dan interval dari nada tinggi ke nada rendah descending interval)Melodi yang baik adalah melodi yang mempunyai interval terjangkau oleh alat musik atau suara manusia.
4. Berdasarkan bunyi yang kita dengar, interval memiliki ciri-ciri bunyi sebagai berikut.
Interval prim ( “prime”)
Interval prim hanya terdengar satu nada sehingga terdengar nyaman, contohnya do saja.
Interval sekon (“secondo”)Sekon terdiri atas sekon besar dan sekon kecil. Interval sekon terdengar
kurang nyaman, contohnya do-re dan si-do bila dinyanyikan atau dibunyikan serempak.
Interval terts, terts besar maupun kecil nyaman didengar pula (konsonan sempurna)(do-mi).
Demikianlah Rangkuman Kelas Rangkuman Kelas 6 Tema 6 subtema 1 Menuju Masyarakat Sejahtera yang bisa kami posting dengan merujuk pada buku kementrian pendidikan nasional yang berjudul "Menuju Masyarakat Sejahtera" Buku Tematik terpadu kurikulum 2013 edisi revisi terbaru. Semoga rangkuman ini bermanfaat untuk kita semua.
Jika Rangkuman Kelas 6 Tema 6 subtema 1 Menuju Masyarakat Sejahtera memberikan dampak nilai manfaat bagi orang lain silahkan share sebanyak-banyak agar orang lain bisa merasakan manfaat dari postingan ini..
Rangkuman Kelas 6 Tema 6 subtema 1 Menuju Masyarakat Sejahtera
Rating: 4.5
Diposkan Oleh: muslimah