Soal kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Ekosistem bisa kami Posting. Pada kesempatan lalu kita sudah memposting soal kelas 5 tema 5 subtema 1 dan soal kelas 5 tema 5 subtema 2 tentang ekosistem. Seperti biasa soal yang kami buat adalah soal berdasarkan kurikulum 2013 dengan edisi revisi terbaru terbaru yang edisi revisi 2017. Semoga soal ini meberikan tambahan bagi para guru untuk mebuat soal.
SOAL KELAS V
TEMA KELAS V SUBTEMA3
EKOSISTEM
Namas Siswa :
Kelas/Semester : 5/1 (satu)
Tema/Subtema : 5/3 Keseimbangan Ekosistem
1. Bacalah teks dibawah ini!
Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup. Padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus. Humus sangat dibutuhkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu.
Di lautan, yang menjadi produsen adalah fitoplankton. Fitoplankton ialah sekumpulan tumbuhan hijau yang sangat kecil ukurannya dan melayang-layang dalam air. Konsumen I adalah zooplankton (hewan pemakan fitoplankton), konsumen II adalah ikan-ikan kecil, konsumen III adalah ikan-ikan sedang, dan konsumen IV adalah ikan-ikan besar.
Pikiran utama pada pagraf pertama adalah
a. Padi dimakan tikus
b. Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup
c. Di lautan, yang menjadi produsen adalah fitoplankton
d. Kosumuen III adalah ikan-ikan besar
2. Pikiran utaman pada paragraf ke-2 adalah
a. Padi dimakan tikus
b. Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup
c. Di lautan, yang menjadi produsen adalah fitoplankton
d. Kosumuen III adalah ikan-ikan besar
3. Dibawah ini adalah kata-kata baku, Kecuali.........
a. atlet
b. lubang
c. kreatif
d. aktip
4. Gambar dibawah ini adalah menujukan peristiwa...
a. jaring-jaring makanan
b. rantai makanan
c. ekosistem
d. populasi
5. Konsumen tingkat I yang hanya memakan tumbuhan sebagai sumber energinya disebut...
a. karnivora
b. omnivora
c. herbivora
d. insektivora
6. Berikut ini yang bukan menjadi penyebab tergangunya jaring-jaring makanan adalah....
a. global warming
b. kebakaran
c. banjir
d. fotosintesis
7. Apa nama tari dibawah ini!
a. tari kupu-kupu
b. tari burung merpati
c. tari burung elang
d. tari kumbang
8. Berikut ini contoh gotong royong di lingkungan masyarakat adalah . . .
a. mengerjakan ulangan bersama-sama
b. Piket kelas
c. Datang tepat waktu
d. membersihkan jalan bersama-sama.
9. Mengapa letak geografis Indonesia sangat Menguntungkan.....
a. karena terletak di Benua Asia
b. karena berada diantara dua Samudra
c. karena Indonesia wilayah Agraris
d. karena Indonesia berada ditengah-tengah jalur perdagangan Dunia
10. Disebelah Utara Indonesia berbatasan dengan...
a. Benua australia
b. Samudra Hindia
c. Samudra Pasifik
d. Benua Asia
11. Menurut Data Food and Agriculture Organization (FAO) 2015 menyebutkan bahwa Indonesia penghasil terbesar di dunia untuk produk...
a. beras
b. rumput laut
c. jagung
d. kedelai
12. Indonesia dikenal dengan penghasil rumput laut, udang, kepitin lobster maka oleh karena itu Indonesia disebut sebagai negara
a. agraris
b. maritim
c. amrud Khatulistiwa
d. paman sam
13. Dibawah ini perbuatan manusia yang dapat merusak ekosistem adalah..
a. membakar hutan
b. membuat terasering
c. melakukan reboisasi
d. membuat hutan suaka
14. Properti yang digunakan pada tari topeng adalah . . .
a. piring
b. tanggai
c. keris
d. topeng
15. Bahasa pesatuan bagi negara Indonesia adalah bahasa.......
a. Inggris
b, Sunda
c. Melayu
d. Indonesia
16. Konsumen yang di buru oleh predator disebut............
a. konsumen
b. produsen
c. mangsa
d. pengurai
18. Yang Termasuk tanggung jawab sebagai siswa adalah.....
a. piket Kelas
b. beribadah menurut agama dan kepercayaan
c. belajar dengan giat
d. gotong Royong
19. Berikut ini pernyataan yang benar mengenai rantai makanan, kecuali …
a. konsumen membuat makanan sendiri
b. produsen membual makanan sendiri
c. konsumen memakan produsen
d. produsen melepas energi kepada konsumen
20. Salah satu upaya yang dapat di lakukan oleh masyarkat untuk menjaga ekosistem adalah...
a. membangun hutan lindung
b. membuang samapah ke sungai
c. beburu hewan liar
d. membkar hutan
21. Karya seni pada gambar dibawah ini, berbahan dasar...
a. tanah liat
b. kertas
c. semen
d, terigu
22. Dalam ranta makanan yang menghasilkan energi tanpa memansa makluk hidup lainya adalah.
a. tumbuhan
b. karnivora
c. omnivora
d. predator
23. Dibawah inipengaruh dari letak geogerafis Indonesia terhadap sosial masyarakat adalah..
a. Indonesia adalah negara agraris
b. Indonesia menjadi negara kepulauan yang sangat luas.
c. Indonesia memiliki keberagaman suku, agama, ras dan budaya
d. Indonesia menjadi negara terkaya di Asean
24. Indonesia teletak di jalur perdagangan internasional hal ini bedampak terhadap perdagan masyarakat Indonesia. hal tersebut merupakan pengaruh dibidang.
a. sosial
b. ekonomi
c. budaya
d. agama
25. Manfaat adanya sikap persatuan dan kesatuan adalah........
a. terjadinya perpecahan
b. terciptanya keamanan dan ketertiban
c. tidak saling menghargai
d. terjadinya kerusuhan
>>Pembahasan dan Download Soal<<
- Konsumen yang berburu makanan disebut......................
- Energi mengalir dari satu makhluk hidup kemahluk hidup lainya dalam sebuah...
- Tari merak berasa dari daerah .........................
- Indonesia terletak antara benua....................dan...............
- Kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di seluruh wilayah Indonesia disebut kebudayaan....
- Indonesia disebut negara agraris karena..............
- Tari topeng berasal dari...........
- Buklet adalah................
- Pakaian yang biasa digunakan untuk penari disebut …
- Contoh makluk Yang berperan sebagai pengurai dalam rantai makanan adalah....
C. Jelaskan dengan singkat pertanyaan dibawah ini!
1. Apakah yang dimaksud dengan jaring-jaring makanan!
Jawab:...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Sebukan faktor penybab terganggunya jaring-jaring makanan!
Jawab:...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Jelaskan peran makhluk hidupa pada rantai makanan berikut!
Jawab:...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Jelaskan menceritakan apakah tarian merak!
Jawab:...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Apa pengaruh letak geografis Indonesi bagi perekonomian!
Jawab:...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
6. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara.!
Jawab:...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7. Apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem?
Jawab:...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
8. Jelaskan bagaimana cara menjaga ekosistem!
Jawab:..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
9. Jelaskan cara membuat topeng kertas yang kamu ketahui!
Jawab:..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
10. Bagaimana penjelasanmu tentang perkembangan teknologi transportasi saat ini dibandingkan dengan zaman dahulu?
Jawab:..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Demikian Soal kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Ekosistem . Semoga bisa menjadi bahan belajar untuk menambah wawasan dan latihan. Atau sebagai sumber referensi membuat soal. Jika ada link yang tidak aktif mohon komentarnya dibawah. Kemudian jika ada soal atau jawaban yang kurang tepat, maka besar harapan anda bersedia memberikan saran dan perbaikan kepada kami.