Berikut kami posting Soal Penilaian Harian Kelas 5 tema 5 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem yang sudah kami lengkapi dengan kunci jawabannya. selamat membaca!
Soal Penilaian Harian Kelas 5 tema 5 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem ini menrujuk pada buku yang dikluarkan oleh kementrian pendidikan Indonesia dan pendidikan Indonesia (Kemendikbud) diharapkan sol ini cocok dan bisa di gunakan sebagai bahan latihan di sekolah.
Soal Penilaian Harian Kelas 5 tema 5 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem kami buat terdir dari soal pilihan ganda, soal isian dan soal uraian. Kmi harapakan ketiga tipe soal ini bisa mengukur sejauhmana kKopensi Dasar tercapi
Soal Penilaian Harian Kelas 5 tema 5 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem dan Jawabannya
Namas Siswa :
Kelas/Semester : 5/1 (satu)
Tema/Subtema : 5/3 Keseimbangan Ekosistem
1. Bacalah teks dibawah ini!
Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup. Padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus. Humus sangat dibutuhkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu.
Di lautan, yang menjadi produsen adalah fitoplankton. Fitoplankton ialah sekumpulan tumbuhan hijau yang sangat kecil ukurannya dan melayang-layang dalam air. Konsumen I adalah zooplankton (hewan pemakan fitoplankton), konsumen II adalah ikan-ikan kecil, konsumen III adalah ikan-ikan sedang, dan konsumen IV adalah ikan-ikan besar.
Pikiran utama pada pagraf pertama adalah.....................
a. Padi dimakan tikus
b. Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antar makhluk hidup
c. Di lautan, yang menjadi produsen adalah fitoplankton
d. Kosumuen III adalah ikan-ikan besar
2. Pikiran utaman pada paragraf ke-2 adalah........................
a. Padi dimakan tikus
b. Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup
c. Di lautan, yang menjadi produsen adalah fitoplankton
d. Kosumuen III adalah ikan-ikan besar
3. Dibawah ini adalah kata-kata baku, Kecuali.........
a. atlet
b. lubang
c. kreatif
d. aktip
4. Gambar dibawah ini adalah menujukan peristiwa...
a. jaring-jaring makanan
b. rantai makanan
c. ekosistem
d. populasi
5. Konsumen tingkat I yang hanya memakan tumbuhan sebagai sumber energinya disebut...
a. karnivora
b. omnivora
c. herbivora
d. insektivora
6. Berikut ini yang bukan menjadi penyebab tergangunya jaring-jaring makanan adalah....
a. global warming
b. kebakaran
c. banjir
d. fotosintesis
7. Apa nama tari dibawah ini!
a. tari kupu-kupu
b. tari burung merpati
c. tari burung elang
d. tari merak
8. Berikut ini contoh gotong royong di lingkungan masyarakat adalah . . .
a. mengerjakan ulangan bersama-sama
b. piket kelas
c. datang tepat waktu
d. membersihkan jalan bersama-sama.
9. Mengapa letak geografis Indonesia sangat menguntungkan.....
a. karena terletak di Benua Asia
b. karena berada diantara dua Samudra
c. karena Indonesia wilayah Agraris
d. karena Indonesia berada ditengah-tengah jalur perdagangan Dunia
10. Disebelah Utara Indonesia berbatasan dengan...
a. Benua australia
b. Samudra Hindia
c. Samudra Pasifik
d. Benua Asia
11. Menurut Data Food and Agriculture Organization (FAO) 2015 menyebutkan bahwa Indonesia penghasil terbesar di dunia untuk produk...
a. beras
b. rumput laut
c. jagung
d. kedelai
12. Indonesia dikenal dengan penghasil rumput laut, udang, kepitin lobster maka oleh karena itu Indonesia disebut sebagai negara
a. agraris
b. maritim
c. amrud Khatulistiwa
d. paman sam
13. Dibawah ini perbuatan manusia yang dapat merusak ekosistem adalah..
a. membakar hutan
b. membuat terasering
c. melakukan reboisasi
d. membuat hutan suaka
14. Properti yang digunakan pada tari topeng adalah . . .
a. piring
b. tanggai
c. keris
d. topeng
15. Bahasa persatuan bagi negara Indonesia adalah bahasa.......
a. Inggris
b, Sunda
c. Melayu
d. Indonesia
16. Konsumen yang di buru oleh predator disebut............
a. konsumen
b. produsen
c. mangsa
d. pengurai
17. Yang Termasuk tanggung jawab sebagai siswa adalah.....
a. piket Kelas
b. beribadah menurut agama dan kepercayaan
c. belajar dengan giat
d. gotong Royong
18. Berikut ini pernyataan yang benar mengenai rantai makanan, kecuali …
a. konsumen membuat makanan sendiri
b. produsen membuat makanan sendiri
c. konsumen memakan produsen
d. produsen melepas energi kepada konsumen
19. Salah satu upaya yang dapat di lakukan oleh masyarkat untuk menjaga ekosistem adalah...
a. membangun hutan lindung
b. membuang samapah ke sungai
c. beburu hewan liar
d. membakar hutan
20. Karya seni pada gambar dibawah ini, berbahan dasar...
a. tanah liat
b. kertas
c. semen
d, terigu
21. Dalam ranta makanan yang menghasilkan energi tanpa memangsa makluk hidup lainya adalah...
a. tumbuhan
b. karnivora
c. omnivora
d. predator
22. Dibawah inipengaruh dari letak geogerafis Indonesia terhadap sosial masyarakat adalah..
a. Indonesia adalah negara agraris
b. Indonesia menjadi negara kepulauan yang sangat luas.
c. Indonesia memiliki keberagaman suku, agama, ras dan budaya
d. Indonesia menjadi negara terkaya di Asean
23. Indonesia teletak di jalur perdagangan internasional hal ini bedampak terhadap perdagangan masyarakat Indonesia. hal tersebut merupakan pengaruh dibidang....
a. sosial
b. ekonomi
c. budaya
d. agama
24. Manfaat adanya sikap persatuan dan kesatuan adalah........
a. terjadinya perpecahan
b. terciptanya keamanan dan ketertiban
c. tidak saling menghargai
d. terjadinya kerusuhan
25. Sumber energi pada tumbuhan untuk memproduksi makanan adalah …
a. angin
b. tumbuhan lain
c. hewan
d. matahari
DOWNLOAD SOAL
Jika tertarik silahkan unduh dengan klik tombol dibawah ini!
B. Isilah titik-titik pada pertanyaan ini dengan jawaban yang benar!
- Konsumen yang berburu makanan disebut......................
- Energi mengalir dari satu makhluk hidup kemahluk hidup lainya dalam sebuah...
- Tari merak berasa dari daerah .........................
- Indonesia terletak antara benua....................dan...............
- Kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di seluruh wilayah Indonesia disebut kebudayaan....
- Indonesia disebut negara agraris karena..............
- Tari topeng berasal dari...........
- Buklet adalah................
- Pakaian yang biasa digunakan untuk penari disebut …
- Contoh makhluk yang berperan sebagai pengurai dalam rantai makanan adalah....
C. Jelaskan dengan singkat pertanyaan dibawah ini!
1. Apakah yang dimaksud dengan jaring-jaring makanan!
Jawab:...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Sebukan faktor penyebab terganggunya jaring-jaring makanan!
Jawab:...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Jelaskan peran makhluk hidupa pada rantai makanan berikut!
Jawab:...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Jelaskan cerita apakah yang terkandung dalam taria merak!
Jawab:...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Apa pengaruh letak geografis Indonesi bagi perekonomian!
Jawab:...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
6. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara.!
Jawab:...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7. Apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem?
Jawab:...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
8. Jelaskan bagaimana cara menjaga ekosistem!
Jawab:..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
9. Jelaskan cara membuat topeng kertas yang kamu ketahui!
Jawab:..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
10. Bagaimana penjelasanmu tentang perkembangan teknologi transportasi saat ini dibandingkan dengan zaman dahulu?
Jawab:..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
KUNCI JAWABAN
A. Soal Pilihan Ganda
- b. Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antar makhluk hidup
- c. Di lautan, yang menjadi produsen adalah fitoplankton
- d. aktip
- a. jaring-jaring makanan
- c. herbivora
- d. fotosintesis
- d. tari merak
- b. piket kelas
- d. karena Indonesia berada ditengah-tengah jalur perdagangan Dunia
- d. Benua Asia
- b. rumput laut
- b. maritim
- d. membuat hutan suaka
- d. topeng
- d. Indonesia
- c. mangsa
- a. piket Kelas
- a. konsumen membuat makanan sendir
- a. membangun hutan lindung
- b. kertas
- a. tumbuhan
- c. Indonesia memiliki keberagaman suku, agama, ras dan budaya
- b. ekonomi
- b. terciptanya keamanan dan ketertiban
- d. matahari
B. Jawaban Isian
- Predator
- Rantai makanan atau jaring-jaring makanan
- Jawa Barat
- Asia dan Australia
- Daerah
- Sebagian besar penududuknya bermata pencaharian sebagai petani
- Cirebon Jaw barat
- Buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran terlihat seperti buku
- Busana penari
- Bakteri, cacing
C. Soal Uraian
1. Jaring-jaring makanan adalah kumpulan beberapa rantai makanan dalam suatu ekosistem yang berhubungan dan menyatu.
2. ada yang faktor bersifat alami dan menjadi bagian dari daur kehidupan di dalam ekosistem, tidak akan memberikan gangguan yang berarti. Hal itu disebabkan perubahan-perubahan tersebut berlangsung lambat. Perubahan yang tiba-tiba, bahkan yang memberikan dampak kerusakan cukup besar, akan mengganggu jaring-jaring makanan. Bencana alam, pencemaran lingkungan, kebakaran, atau bahkan pemanasan global.
3. Tumbuhan sebagai produsen, belalang sebagai konsumen ke I, katak sebagai konsumen tingkat II dan ular sebagai konsumen tingkat III
4. Tari Merak merupakan salah satu ragam tariankreasi baru yang mengekspresikan kehidupan binatang, yaitu burung merak. Tata cara dan geraknya diambil dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh Seniman Sunda Raden Tjetje Somantri
5. Kelebihan telak geografis Indonesia di bidang ekonomi antara lain adalah dapat menambah devisa negara, dapat dijadikan sebagai pusat perekonomian diantara 2 samudra dan 2 benua, dapat dijadikan sebagai jalur perdagangan dunia, dapat mengembangkan pariwisata lebih lanjut dalam kancah dunia dan menjadikan beberapa tempat di wilayah Indonesia sebagai destinasi pariwista utama, contohnya adalah Bali.
6. Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasioanal.
7. Faktor yang menyebakan kerusakan ekosistem.
> Menggunakan bahan kimia
> Penebangan hutan dilakukan secara besar-besaran tanpa terkendali,
> Penggunaan Kendaraan Bermotor.
> Pengeboran Minyak Bumi.
> Perusakan Terumbu Karang.
> Pembuangan Limbah Sampah.
8. Cara menjaga ekosistem
>Dengan melakukan reboisasi yaitu penanaman kembali
> Dengan melakukan tebang pilih
> Mengurangi pemakaian bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi
> membuat hutan lindung
> membuat cagar alam
> mebuat huatan suaka marga satwa
9.
10. Perkembangannya transportasi saat ini dapat menggunakan tenaga mesin ,tetapi dahulu masyarakat lebih menggunakan tenaga dari hewan misalkan kuda,burung merpati,dan lain lainnya
4. Tari Merak merupakan salah satu ragam tariankreasi baru yang mengekspresikan kehidupan binatang, yaitu burung merak. Tata cara dan geraknya diambil dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh Seniman Sunda Raden Tjetje Somantri
5. Kelebihan telak geografis Indonesia di bidang ekonomi antara lain adalah dapat menambah devisa negara, dapat dijadikan sebagai pusat perekonomian diantara 2 samudra dan 2 benua, dapat dijadikan sebagai jalur perdagangan dunia, dapat mengembangkan pariwisata lebih lanjut dalam kancah dunia dan menjadikan beberapa tempat di wilayah Indonesia sebagai destinasi pariwista utama, contohnya adalah Bali.
6. Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasioanal.
7. Faktor yang menyebakan kerusakan ekosistem.
> Menggunakan bahan kimia
> Penebangan hutan dilakukan secara besar-besaran tanpa terkendali,
> Penggunaan Kendaraan Bermotor.
> Pengeboran Minyak Bumi.
> Perusakan Terumbu Karang.
> Pembuangan Limbah Sampah.
8. Cara menjaga ekosistem
>Dengan melakukan reboisasi yaitu penanaman kembali
> Dengan melakukan tebang pilih
> Mengurangi pemakaian bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi
> membuat hutan lindung
> membuat cagar alam
> mebuat huatan suaka marga satwa
9.
10. Perkembangannya transportasi saat ini dapat menggunakan tenaga mesin ,tetapi dahulu masyarakat lebih menggunakan tenaga dari hewan misalkan kuda,burung merpati,dan lain lainnya
Demikian Soal kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Ekosistem . Semoga bisa menjadi bahan belajar untuk menambah wawasan dan latihan. Atau sebagai sumber referensi membuat soal. Jika ada link yang tidak aktif mohon komentarnya dibawah. Kemudian jika ada soal atau jawaban yang kurang tepat, maka besar harapan anda bersedia memberikan saran dan perbaikan kepada kami.
Pencarian terkait :
- Soal Penilaian Harian Kelas 5 tema 5 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem dan Jawabannya
- Soal Ulangan Harian Kelas 5 tema 5 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem dan Jawabannya
- Soal UH Kelas 5 Tema 3
- Soal PH kelas 5 Tema 3
- Keseimbangan Ekosistem