Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Selamatkan Makhluk Hidup | Kumpulan Soal Tematik SD

Tuesday 23 April 2019

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Selamatkan Makhluk Hidup

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Selamatkan Makhluk Hidup Semester 1 dengan judul subtema"Lestarikan Hewan dan Tumbuhan". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. Untuk memahami materi Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Selamatkan Makhluk Hidup Semester 1.
                                 Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Selamatkan Makhluk Hidup

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Selamatkan Makhluk Hidup  :


1. Hewan memiliki kemampuan berkembang biak untuk mempertahankan kelestariannya. 

2. Pada umumnya, kita mengenal dua jenis perkembangbiakan hewan, yaitu bertelur dan melahirkan.

3. Perkembangbiakan terjadi saat sel telur betina bertemu dengan sel sperma jantan, kemudian terjadilah pembuahan. Sel telur yang telah dibuahi akan berkambang menjadi bakal bayi dari jenis hewan yang bersangkutan.

4. Pada hewan melahirkan, bakal bayi berkembang di dalam tubuh induknya hingga usianya cukup untuk dilahirkan. 

5. Jenis hewan yang berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan yang disebut dengan hewan ovovivipar
6. Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan. Setiap pulau di Indonesia memiliki hewan yang unik dan menjadi ciri khas pulau tersebut.

7. Taman Nasional banyak terdapat di Indonesia, seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan yang melindungi orang utan.

8. Poster adalah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf yang menarik di atas kertas berukuran besar dan berisi pesan–pesan. 

9. Perkembangbiakan generatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan melalui perkawinan sel jantan (benang sari) dan sel betina (putik). 


10. Perkembangbiakan vegetatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan tanpa perkawinan.


11.  Perkebanga biakan vegetatif alami  adalah perkembang biakan yang tidak membutuhkan sel jantan dan sel betina. 


12.  Perkembangbiakan secara generatif adalah pekembangkbiakan Perkembangbiakan generatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan melalui perkawinan sel kelamin jantan (benang sari) dan sel kelamin betina (putik).
 
11. Sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila
  • Menghormati teman saat beribadah
  • Membantu teman jatuh dari sepeda
  • Bangga mengenakan batik
  • Tidak memaksakan kehendak saat berdiskusi
  • Menghargai karya orang lain
12. Kesimpulan yang baik berisikan:
  • pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca,
  • intisari dari tulisan,
  • dimulai dari khusus ke umum,
  • menggunakan kosakata baku,
  • suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata  kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri. 
13. Kawasan Asia Tenggara merupakan wilayah yang luas perairannya lebih besar dibandingkan dengan luas daratan. Keputusan-keputusan terkait permasalahan kelautan banyak dibahas oleh sebagian besar negaranegara ASEAN.

15. Negara-negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai sistem pemerintahan yang berbeda-berbeda, namun pada dasarnya semua berbentuk Republik, kecuali Thailand, Kamboja, Laos, Malaysia, dan Brunei Darussalam yang  berbentuk Kerajaan.

16. Thailand memiliki hewan yang bernama Owa Pileated. Hewan ini tersebar di hutan 
Thailand. Pileated hidup di atas pohon. Jumlah kera kerdil ini tinggal 32.000.
Negara-negara ASEAN memiliki flora dan fauna langka. Bacalah teks berikut dalam hati.

17. Bunga Rafflesia hidup di Taman Nasional Bengkulu. Bunga ini mempunyai ukuran diameter bunga hampir mencapai 1 meter. Bunga Rafflesia disebut juga bunga bangkai karena baunya yang sangat kuat.  


18. Saat ini Bunga Bangkai terancam punah karena habitat yang terbatas. Pembangunan yang dilakukan oleh  manusia berakibat buruk terhadap habitat tanaman ini.

19. Tanaman dan hewan langka banyak diburu oleh orang-orang yang tidak  bertanggung jawab. Indonesia dan negara-negara yang tergabung di ASEAN bekerja sama untuk ikut melestarikan flora dan fauna langka.


20. Negara-negara di Asia Tenggara yang bernaung di bawah ASEAN memiliki kesamaan geografis. Oleh sebab itu, banyak persamaan dari sisi budaya, flora fauna, kegiatan ekonomi, dan politiknya.  Kekayaan alam dan budaya negara-negara ASEAN sangat menarik perhatian negara lain.


 
Demikinlah Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Selamtkan Makhluk Hidup. semoga besar harapan kami rangkuman ini meberikan manfaat sebagai penujang abgi anak-anak, ibu  dan bapak guru atau para orang tua.

Setelah membaca Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Selamtkan Makhluk Hidup.  Sebaiknya adek-adek berlatih dengan mengerjakan soal-soal yang terdapat pada link berikut :


 Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Selamatkan Makhluk Hidup

Sumber :
Buku Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makluk Hideup, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, di tulis, Angi St Anggari, Afriki, Dara Retno Wulan, Nuniek Puspitawati, Lely Mifthachul Khasanah, dan Santi Hendriyeti



Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Selamatkan Makhluk Hidup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muslimah