--> Kumpulan Soal Soal SD | Deskripsi Singkat Blog di Sini

Kumpulan dan pembahasan soal SD

Sunday, 2 February 2025

Kunci Halaman 114-115 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Kunci Halaman 114-115 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Pada Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka, halaman 114-115 menyajikan soal-soal latihan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi hitung dasar, seperti penjumlahan, pengurangan, dan penerapannya dalam soal cerita. Artikel ini akan membahas kunci jawaban serta langkah-langkah penyelesaian yang perlu dipahami oleh siswa untuk dapat menjawab soal-soal pada halaman tersebut dengan tepat.



Slamet dan Helen yang memiliki mainan bongkar pasang berbentuk persegi. Mainan ini bisa disusun menjadi berbagai bentuk. Salah satu bentuk yang diberikan dalam soal ditunjukkan pada gambar.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menentukan luas bangun A, B, C, dan D dengan menggunakan persegi satuan, serta jawaban yang bisa Anda tuliskan pada buku tulis.

Soal

Tentukan luas dari gambar A, B, C, D dengan menggunakan persegi satuan.

  • Luas bangun A adalah ... persegi satuan
  • Luas bangun B adalah ... persegi satuan
  • Luas bangun C adalah ... persegi satuan
  • Luas bangun D adalah ... persegi satuan
  • Apakah ada bangun yang memiliki luas yang sama?

Jawaban dan Penjelasan

Mari kita hitung luas masing-masing bangun berdasarkan jumlah persegi satuan pada setiap bentuk.

  1. Luas Bangun A
    Bangun A terdiri dari 12 persegi satuan.
    Jawaban: Luas bangun A adalah 12 persegi satuan.
  2. Luas Bangun B
    Bangun B terdiri dari 12 persegi satuan.
    Jawaban: Luas bangun B adalah 12 persegi satuan.
  3. Luas Bangun C
    Bangun C terdiri dari 11 persegi satuan.
    Jawaban: Luas bangun C adalah 11 persegi satuan.
  4. Luas Bangun D
    Bangun D terdiri dari 12 persegi satuan.
    Jawaban: Luas bangun D adalah 12 persegi satuan.

Kesimpulan

  • Bangun A, B, dan D memiliki luas yang sama, yaitu 12 persegi satuan.
  • Bangun C memiliki luas yang berbeda, yaitu 11 persegi satuan.

Salin Jawaban ke Buku Tulis

Pastikan Anda menuliskan jawaban lengkap ke dalam buku tulis sesuai arahan di soal. Dengan memahami soal ini, Anda bisa belajar cara menghitung luas menggunakan persegi satuan secara lebih mudah.

Baca Juga

Guru Pendamping

Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini

Rekomendasi Web

Dapatkan bahan pelajaran lainnya di Link berikut ini (Klik Di sini)

Kesimpulan

Pembahasan halaman 114-115 buku Matematika kelas 4 Kurikulum Merdeka memberikan latihan yang sangat berguna bagi siswa untuk memperdalam keterampilan matematika dasar. Dengan latihan yang tepat, siswa akan lebih mudah menguasai operasi hitung seperti penjumlahan dan pengurangan, serta menerapkannya dalam soal cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Semoga pembahasan soal-soal ini dapat membantu siswa memahami materi lebih baik dan memberikan manfaat dalam belajar matematika. Jangan lupa untuk selalu berlatih dan menjaga semangat belajar agar mencapai hasil yang maksimal!

Thursday, 30 January 2025

Jawaban Halaman 185 Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih

Jawaban Halaman 185 Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih

Pada video kali ini, kita akan membahas secara lengkap jawaban dari halaman 185 Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum Merdeka. Yuk, simak penjelasannya dengan baik agar bisa memahami materi dengan lebih mudah! Jangan lupa untuk like, share, dan subscribe untuk mendapatkan video edukasi lainnya.

Hashtags: #MatematikaKelas5 #KurikulumMerdeka #BukuMatematika #BelajarMatematika #Kelas5 #AyoBerlatih #PendidikanIndonesia #TutorialMatematika

Wednesday, 29 January 2025

Kunci Jawaban Halaman 120-121 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih

Kunci Jawaban Halaman 120-121 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih

Pada Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka, halaman 120-121 berisi latihan soal yang menguji pemahaman siswa terkait materi satuan luas. Dalam artikel ini, kami akan memberikan kunci jawaban serta pembahasan soal-soal di halaman tersebut, yang bertujuan untuk membantu siswa lebih memahami konsep dan cara menghitung luas berbagai bangun datar.


Soal 1

Hubungkan gambar dengan satuan luasnya berikut ini dengan cermat!

Pada soal ini, siswa diminta mencocokkan gambar dengan satuan luas yang sesuai. Berikut jawabannya:

  • Lapangan sepak bolaMeter persegi (m²)
    Karena luas lapangan sepak bola dihitung dalam satuan yang besar.
  • Kolam renangMeter persegi (m²)
    Kolam renang juga memiliki ukuran yang besar, sehingga menggunakan meter persegi.
  • CerminSentimeter persegi (cm²)
    Cermin memiliki ukuran kecil, sehingga lebih tepat jika dihitung dalam sentimeter persegi.
  • Buku catatanSentimeter persegi (cm²)
    Buku catatan adalah benda kecil yang luasnya dihitung dalam sentimeter persegi.

Soal 2

Tentukan luas bangun yang diarsir pada bidang persegi berukuran 1 cm × 1 cm.

Pada gambar, bangun diarsir terdiri dari beberapa persegi satuan. Setiap persegi memiliki ukuran 1 cm × 1 cm. Berikut cara menghitung luasnya:

  • Jumlah persegi yang diarsir pada gambar adalah 16 persegi satuan.
    Jawaban: Luas bangun adalah 16 cm².

Soal 3

Tentukan luas bangun yang diarsir pada bidang persegi berukuran 1 cm × 1 cm.

Pada gambar, bangun diarsir berbentuk segitiga. Cara menghitung luas segitiga adalah:

  • Alas segitiga: 8 cm
  • Tinggi segitiga: 4 cm

Substitusi nilai ke rumus:

Jawaban: Luas bangun adalah 16 cm².


Kesimpulan

Pembahasan kunci jawaban halaman 120-121 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih ini memberikan penjelasan tentang cara menghitung luas berbagai bangun datar, seperti persegi, persegi panjang, dan segitiga. Dengan memahami rumus dan berlatih soal secara rutin, siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam matematika, khususnya dalam mengaplikasikan satuan luas.

Semoga kunci jawaban dan pembahasan ini bermanfaat dan dapat membantu siswa dalam memahami materi satuan luas dengan lebih mudah dan jelas. Jangan lupa untuk terus berlatih dan mengevaluasi hasil perhitungan agar memperoleh jawaban yang tepat!


Baca Juga

Guru Pendamping

Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini

Rekomendasi Web

Dapatkan bahan pelajaran lainnya di Link berikut ini (Klik Di sini)


Tuesday, 28 January 2025

Pembahasan Jawaban Halaman 74-75 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka: Ayo Berlatih Materi Pecahan Biasa dan Desimal

Pembahasan Jawaban Halaman 74-75 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka: Ayo Berlatih Materi Pecahan Biasa dan Desimal

Pada buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka, halaman 74-75 mengajak siswa untuk berlatih materi pecahan biasa dan desimal. Dalam pembelajaran ini, siswa diajak untuk memahami hubungan antara pecahan biasa dan desimal serta cara mengonversi keduanya. Artikel ini akan membahas jawaban dari latihan yang ada di halaman tersebut agar siswa dapat memahami dan menguasai materi dengan baik.


Soal 1: Nyatakan bagian yang berada dalam kotak sebagai pecahan biasa, kemudian ubahlah menjadi pecahan desimal.


Soal 2: Ubahlah pecahan biasa berikut menjadi pecahan desimal persepuluhan!

Jawab :


Soal 3: Ubahlah pecahan biasa berikut menjadi pecahan desimal perseratusan!

Jawab :


Penjelasan

  1. Pecahan desimal persepuluhan adalah pecahan yang penyebutnya 10, dan hasilnya ditulis dalam bentuk desimal. Misalnya, menjadi 0,1.
  2. Pecahan desimal perseratusan adalah pecahan yang penyebutnya 100, yang juga ditulis dalam bentuk desimal. Contohnya, menjadi 0,01.
  3. Konsep perseratusan menyatakan pecahan dalam bentuk desimal dengan dua angka di belakang koma, misalnya menjadi 0,15.

Dengan memahami cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal, siswa dapat lebih mudah mengerjakan soal-soal terkait pecahan di kehidupan sehari-hari maupun pada soal ujian

Baca Juga

Guru Pendamping

Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini

Rekomendasi Belajar

Silah kan kunjungi sumber belajar lain !

Kesimpulan

Pembahasan jawaban soal pada halaman 74-75 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka tentang pecahan biasa dan desimal memberikan pemahaman dasar yang sangat berguna. Dengan latihan yang cukup, siswa akan semakin terbiasa dengan konversi antara pecahan biasa dan desimal, serta mampu mengaplikasikannya dalam berbagai situasi sehari-hari. Jangan lupa untuk berlatih secara rutin untuk menguasai konsep ini dengan lebih baik.

#PecahanBiasa #Desimal #MatematikaKelas4 #KurikulumMerdeka #AyoBerlatih #PendidikanAnak #BelajarMatematika #KonversiPecahan #PecahanDesimal

Monday, 27 January 2025

Pembahasan Halaman 182 Buku Matematika Kelas 5 Kuriulum Merdeka Ayo Berlatih

Pembahasan Halaman 182 Buku Matematika Kelas 5 Kuriulum Merdeka Ayo Berlatih

Halo teman-teman! Di video kali ini, kita akan membahas soal-soal yang ada pada halaman 182 dari buku Matematika Kelas 5 Kurikulum Merdeka. Yuk, simak penjelasan lengkapnya agar kita bisa lebih paham dan menguasai materi yang sedang dipelajari. Jangan lupa untuk like, subscribe, dan aktifkan lonceng notifikasi agar kalian tidak ketinggalan video-video menarik lainnya!


#MatematikaKelas5 #KurikulumMerdeka #PembahasanSoal #AyoBerlatih #BelajarMatematika #Pendidikan
Pembahasan Jawaban Halaman 136-137 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka: Volume Bangun ruang

Pembahasan Jawaban Halaman 136-137 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka: Volume Bangun ruang

Pada buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka, halaman 136-137 memberikan materi tentang volume bangun ruang. Pembahasan ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep dasar tentang pengukuran ruang dalam bangun tiga dimensi, seperti kubus, balok, dan benda lainnya. Dengan memahami konsep volume bangun ruang, siswa dapat mengukur seberapa banyak ruang yang ada di dalam suatu bangun ruang.



L

1. Tentukan volume dari gambar A, B, C, D dengan menggunakan satuan volume.

Pada gambar yang diberikan, setiap kubus memiliki volume sebesar 1 cm³. Untuk menentukan volume, kita cukup menghitung jumlah kubus yang membentuk setiap bangun. Berikut adalah hasilnya:

  • Volume bangun A: 4 cm³
  • Volume bangun B: 6 cm³
  • Volume bangun C: 9 cm³
  • Volume bangun D: 12 cm³

Apakah ada bangun yang memiliki volume yang sama?
Dari hasil perhitungan, tidak ada dua bangun yang memiliki volume yang sama.


2. Jika volume setiap kubus adalah 1 cm³, tentukan volume gambar berikut dengan menghitung jumlah kubus satuan:

Untuk latihan ini, gambar (a) hingga (e) masing-masing memiliki sejumlah kubus yang membentuknya. Hitung jumlah kubus satuan, maka:

  • Volume bangun (a): 3 cm³
  • Volume bangun (b): 6 cm³
  • Volume bangun (c): 8 cm³
  • Volume bangun (d): 12 cm³
  • Volume bangun (e): 10 cm³

3. Jika volume setiap kubus adalah 1 cm³. Diberikan volume bangun adalah 12 cm³. Gambarkan bangun dengan kubus satuan!

Untuk menggambarkan bangun dengan volume 12 cm³, kita perlu menyusun 12 kubus satuan. Bentuknya dapat bervariasi, misalnya:

  • Sebuah balok dengan dimensi 3 × 2 × 2.
  • Sebuah L-shape yang terdiri dari dua lapisan, masing-masing dengan 6 kubus.

Bangun tersebut harus diatur agar jumlah keseluruhan kubus tetap 12.

Pembahasan tentang volume bangun ruang di halaman 136-137 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka memberikan dasar yang kuat bagi siswa untuk memahami konsep pengukuran ruang dalam bangun tiga dimensi. Dengan mempelajari rumus volume kubus dan balok, serta berlatih melalui soal-soal yang tersedia, siswa akan lebih siap untuk menghadapi soal-soal yang lebih kompleks di tingkat yang lebih tinggi.

Penting bagi siswa untuk selalu berlatih menghitung volume bangun ruang dengan berbagai variasi soal, sehingga mereka tidak hanya mengerti rumusnya, tetapi juga memahami penerapan konsep volume dalam kehidupan sehari-hari.


Dengan memahami materi ini secara mendalam, siswa akan memiliki keterampilan matematika yang lebih baik dan siap menghadapi tantangan lebih lanjut dalam pembelajaran matematika.Guru Pendamping

Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini

Kerjakan Soal Online

Kerjakan soal Online kamu pada Web berikut

Saturday, 25 January 2025

Pembahasan Kunci Jawaban Halaman 126-128 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Pembahasan Kunci Jawaban Halaman 126-128 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk membangun kemampuan berpikir logis dan analitis pada anak-anak. Dalam kurikulum Merdeka, pembelajaran matematika ditujukan agar siswa dapat memahami konsep dasar secara lebih mudah dan menyenangkan. Pada artikel ini, kita akan membahas kunci jawaban dari halaman 126-128 dalam Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka, yang mencakup materi mengenai konsep dasar pembagian

SOAL

Ibu Helen mempunyai satu botol besar hand sanitizer.Ibu Helen berencana menuangkan hand sanitizer dari botol besar ke botol yanglebih kecil.Ibu Helen meminta bantuan Helen menyiapkan botol kecil untuk diisi handsanitizer.Helen mendapat tugas membantu Ibu untuk menuangkan hand sanitizer kebotol kecil.

Jadi, botol besar penuh hand senitizer diisikan ke botol kecil sampai habis dan
terdapat 8 botol kecil satuan yang terisi penuh hand sanitizer. Dengan kata lain, volume 1 buah botol besar adalah sama dengan 8 botol kecil atau 8 satuan volume.

Jawaban dan Pembahasan

1. Hubungkan gambar dengan satuan volumenya dengan cermat

Berikut adalah jawaban berdasarkan gambar:

  • a. Botol besar (2 satuan): Hubungkan dengan dua botol kecil.
  • b. Botol besar (3 satuan): Hubungkan dengan tiga botol kecil.
  • c. Botol besar (4 satuan): Hubungkan dengan empat botol kecil.
  • d. Botol besar (6 satuan): Hubungkan dengan enam botol kecil.
  • e. Botol besar (8 satuan): Hubungkan dengan delapan botol kecil.

2. Tentukan volume paling sedikit dan volume paling banyak

  • Volume paling sedikit adalah 2 satuan volume (botol kecil di bagian a).
  • Volume paling banyak adalah 8 satuan volume (botol besar di bagian e).

3. Urutkan botol dari volume paling sedikit hingga paling banyak

Urutan botol berdasarkan volumenya adalah:
a (2 satuan) → b (3 satuan) → c (4 satuan) → d (6 satuan) → e (8 satuan).


Kesimpulan

Pembahasan kunci jawaban halaman 126-128 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka memberikan pemahaman yang mendalam tentang dasar-dasar operasi hitung seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan mempelajari materi ini secara seksama, siswa dapat membangun fondasi matematika yang kuat untuk pembelajaran selanjutnya. Terus berlatih, dan hasil yang baik pasti akan tercapai!

Semoga artikel ini membantu Anda memahami soal di halaman 126-128 buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Tetap semangat belajar dan eksplorasi lebih banyak tentang konsep volume!

Baca Juga

Guru Pendamping

Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini


Tag: Jawaban Matematika Kelas 4, Kurikulum Merdeka, S