--> Kumpulan Soal Soal SD | Deskripsi Singkat Blog di Sini

Kumpulan dan pembahasan soal SD kela 4 sampai kelas 6

Sunday, 17 March 2019

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Menjelajah Angkasa Luar

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Menjelajah Angkasa Luar

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Menjelajah Angkasa Luar Semester 2 dengan judul subtema"Keteraturan Yang Menakjubkan". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa untuk memahami materi Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Menjelajah Angkasa Luar Semester 2.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Menjelajah Angkasa Luar :


1. Benda langit merupakan semua benda yang ada di luar angkasa. Yang termasuk benda langit, antara lain bintang, planet, satelit, asteroid, meteoroid, komet, dan galaksi.

2. Urutan planet mulai dari yang terdekat dengan Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.



3. Model adalah suatu karya yang dapat digunakan untuk mewakili suatu gagasan atau hasil penelitian ilmuwan untuk menjelaskan fenomena tertentu.

4. Dalam cerita fiksi terdapat tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama adalah tokoh yang paling sering muncul dalam suatu cerita. Adapun tokoh tambahan adalah pemunculannya mendukung jalan cerita yang berkaitan dengan tokoh utama.

5. Latar suatu cerita adalah gambaran tempat, waktu, atau segala situasi di tempat terjadinya peristiwa dalam suatu cerita.

6. Beberapa jenis kata tanya yang dapat digunakan dalam kalimat tanya, antara lain apa, mengapa, siapa, kapan, di mana, bagaimana, dan berapa.

7. Ketentuan di alam semesta dapat kita contoh dalam pelaksanaan keteraturan di dalam masyarakat.

8. Ketentuan di dalam masyarakat dapat terjadi jika terbangun rasa persatuan dan kesatuan.

9. Teknologi adalah perkembangan teknologi untuk mempermudah atau memperlancar suatu pekerjaan.

10. Perkembangan teknologi akan menghasilkan modernisasi di lingkungan masyarakat.

11. Teknologi terlalu berkembang menurut perkembangan zaman.

12. Dalam menyanyikan suatu lagu kita harus memperhatikan interval nada.

13. Kumpulan benda langit yang terdiri atas Matahari dan semua benda langit yang terikat oleh gaya gravitasinya disebut tata surya


14. Dari sekian banyak galaksi yang ada di dalam semesta, kita berada pada galaksi Bima sakti.


Demikianlah Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Menjelajah Angkasa Luar untuk latihan soal silahkan baca dibawah ini!

Latihan Soal

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Kepeminpinan

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Kepeminpinan

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Kepeminpinan semester 2 dengan judul subtema"Ayo Pemimpin". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa untuk memahami materi Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Kepeminpinan semester 2.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Kepeminpinan :

1. Persatuan membawa ke dalam perdamaian.

2. Kemahiran dalam membuat keputusan yang tepat sangat diperlukan bagi seorang pemimpin.

3. Jenis-jenis patung di antaranya adalah patung kerajinan, patung seni, patung arsitektur, patung dekorasi, patung monumen, patung religi.

4. Seni patung merupakan bentuk ungkapan pengalaman artistik seniman yang ditampilkan dalam wujud tiga dimensi (trimatra). Karya seni rupa ini dapat dinikmati dari berbagai arah.

5. Bahan seni patung dapat di bedakan menjadi tiga yaitu bahan lunak, bahan sedang, bahan keras.

Baca juga : 

Soal Pas Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan


6. Alat-alat yang digunakan dalam membuat patung, antara lain : butsir, meja putar, pahat, pali, cetakan, kakatua, sendok adukan.

7. Proses penciptaan karya seni patung mempunyai beberapa teknik, di antaranya teknik butsir, pahat, cetak, konstruksi, dan modeling.

8. Masa remaja dipandang sebagai peralihan antara masa kanak-kanak dengan masa dewas.

9. Nilai-nilai Pancasila perlu kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

10. Kerja sama dalam bidang pendidikan antara indonesia dengan negara lain di ASEAN sudah sering dilakukan.

11. Gotong royong merupakan perilaku yang mencerminkan nilai sila kelima Pancasila, yaitu "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia".

12. Berpidato adalah berbicara di depan khalayak untuk menyampaikan suatu informasi (gagasan).

13. contoh patung kerajinan                                   Contoh patung Dekorasi

                          
                                                                        

Contoh patung seni


Contoh patung Arsitektur

                                                         

Baca juga







Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Kepemimpinan

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Kepemimpinan

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Kepemimpinan semester 2 dengan judul subtema"Sang Pemimpin Idolaku". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa untuk memahami materi Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Kepemimpinan Semester 2.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Kepemimpinan

1. Indonesia terdiri dari banyak pulau, suku, budaya, agama, dan tradisi.

2. Persatuan indonesia adalah bunyi sila ketiga Pancasila.

3. Musyawarah adalah bentuk nilai kerakyatan.



4. Bagian-bagian pidato adalah salam pembuka, pendahuluan, isi, dan penutup.

5. Setiap pidato mempunyai tujuan masing-masing.

6. Kerja sama antar negara berfungsi salah satunya adalah mengembangkan potensi yang ada.

7. Kerja sama bisa dalam berbagai bidang misalnya bidang sosial, ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan.

8. Peran indonesia dalam dunia ASEAN dalam bidang ekonomi adalah mengekspor berbagai macam bahan alam seperti kopi, rempah-rempah, kayu, batu bara, dan lain-lain. Indonesia juga banyak menjual barang dagangan hasil produksi atau kerajinan masyarakat indonesia.

9. Peran warga indonesia dalam bidang politik di dunia internasional adalah antara lain ikut terlibat aktif dalam beberapa organisasi internasional.

10. Dalam bidang sosial budaya, indonesia berperan dalam pengirim pelajar dan mahasiswa keluar negeri untuk belajar atau pertukaran budaya.

Baca juga :

Soal UAS Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan



11. Masa puber membuat adanya perubahan pada bentuk dan fungsi alat reproduksi manusia.

12. Semakin berfungsinya alat reproduksi, semakin kita harus menjaga kebersihan alat reproduksi kita.

13. Keringat yang bercampur bakteri mengakibatkan bau badan.

14. Menjaga kesehatan reproduksi bisa dengan mandi dua kali sehari, menggunakan sabun yang lembut, dan menjaga ketiak tetap bersih dan kering.

15. Tari tunggal, tari tunggal atau tari solo ialah tari yang diperagakan sendiri, baik laki-laki maupun perempuan.



16. Tari berpasangan, tari berpasangan atau tari duet ialah tari yang diperagakan oleh dua orang, secara bersamaan.



17. Tari kelompok, tari kelompok atau tari grup ialah tari yang diperagakan oleh lebih dari 2 orang.



18. Unsur-unsur tari meliputi gerak, musik atau iringan, rias dan busana, properti, tema, dinamika, desain dramatik, dan desain lantai.

Baca juga :

Friday, 15 March 2019

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Kepemimpinan

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Kepemimpinan

Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Kepemimpinan semester 2 dengan judul subtema"Pemimpinan di Sekitarku". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa untuk memahami materi Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Kepemimpinan semester 2.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Kepemimpinan :

                    Soal Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Kepemimpinan

Pemimpin di lingkungan ku.

  • Ketua RT adalah pemimpin di tingkat RT
  • Ketua RW adalah pemimpin ditingkat RW
  • Kepala Desa/Lurah adalah pempin di suatu keluarah
  • Camat adalah pemimpi di wilayah kecamatan
  • Walikota/Bupati adalah pemimpin di tingkat kota atau kabuapatem
  • Gubernur adalh pemimpin di Wilayah Provinsi

Berikut beberapa cara menyikapi masa pubertas yang akan kamu alami.

  • Menjaga kebersihan tubuh.Dalam masa pubertas, aktivitas kelenjar minyak dan kelenjar keringat meningkat. Akibatnya, wajah mudah berjerawat dan tubuh berbau kurang sedap. Mandilah dua kali sehari dan kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Apabila keringatmu berlebih, bersihkan tubuhmu dan gantilah pakaianmu. 
  • Menjaga kesehatan dengan memilih makanan sehat dan berolahraga. Makanan diperlukan untuk pertumbuhan badan. Pilihlah makanan yang berasal dari bahan-bahan segar dan diolah dengan cara yang sehat, misalnya tanpa pengawet, pemanis buatan, atau penyedap rasa. Perbanyak pula minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar berupa keringat.
  • Hati-hati dalam bergaul dengan lawan jenis.Pada masa puber, organ reproduksi telah aktif. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bergaul dengan lawan jenis dalam batas yang wajar. Hindari berdua-duaan antara laki-laki dan perempuan. 
  • Memilih bacaan dan tontonan yang sesuai umur. Saat ini akses untuk bacaan dan tontonan dengan mudah dapat kita peroleh. Namun, pilihlah bacaan dan tontonan yang baik, menambah wawasan, dan sesuai umurmu. Hindari membaca bacaan dan menonton tontonan dewasa.
  • Rajin beribadah sesuai agama masing-masing.Dengan rajin beribadah, kita mendekatkan diri kepada Tuhan. Kita akan mematuhi aturan-aturan agama untuk berperilaku dan berbuat sesuai tuntunan agama.

Menyanyikan Lagu Ibu Kita Kartini

Lagu  berjudul “Ibu Kita Kartini” ciptaan W.R. Soepratman
Berikut adalah nilai-nilai yang terkandung dalam sila kesatu Pancasila, yaitu “Ketuhanan yang Maha Esa”.Nilai yang terkandung dalam Sila Pertama
  • 1. Percaya dan takwa terhadap Tuhan yang Maha Esa.
  • Mengembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerja sama antarpemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan yang Maha Esa.
  • Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.
  • Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan yang Maha Esa.
  • Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
  • Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa kepada orang lain.

Ayo Membacaa

2. Bung Tomo adalah salah satu pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.














Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya atau memberikan gambaran tentang suatu hal.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya.Beberapa jenis pidato adalah 
  • pidato kenegaraan, 
  • pidato menyambut hari besar, 
  • pidato pembangkit semangat, 
  • pidato sambutan acara, 
  • pidato ketua kelas, dan lain sebagainya.
Teks pidato memuat salam pembuka, pendahuluan, inti, penutup, dan salam penutup. Berikut Uraia teks pidato.
  1. 1. Salam pembuka. Berisi kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan  lain-lain)
  2. Pendahuluan. Memaparkan topik permasalahan yang  akan dibahas.
  3. lnti/ Berisi pembahasan topik  secara   lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.
  4. PenutupPenyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
  5. Salam penutup. Berisi kalimat salam penutup seperti “terima kasih”.

Baca juga :

Soal Pas Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan


6. Perubahan fisik pada anak perempuan ketika memasuki masa puber di antaranya adalah pinggul melebar, payudara membesar, mengalami menstruasi.

7. Perubahan fisik pada anak laki-laki ketika memasuki puber di antaranya adalah perubahan suara, tumbuh jakun, tumbuh kumis dan janggut, mulai menghasilkan sel kelamin jantan.

8. Cut Nyak Dhien adalah pahlawan wanita dari Aceh.



9. Indonesia bekerja sama dalam bidang ekonomi dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

10. Manuk Dadali adalah lagu dari daerah Jawa Barat.

11. Tangga nada adalah urutan nada-nada secara berjenjang dalam satu oktaf.

Thursday, 14 March 2019

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Indahnya Kebersamaan

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Indahnya Kebersamaan

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Indahnya Kebersamaan semester 1 dengan judul subtema"Kebersamaan Dalam Keberagaman". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah guru, orang tua dan siswa untuk memahami materi Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Indahnya Kebersamaan semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Indahnya Kebersamaan :


1. Bekerja Sama Dalam Keberagaman. contohnya membuat tentang bumi , yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah peralatan.

2. Peralatan yang dibutuhkan, seperti Kaleng yang sudah dilubangi, dan Benang Kasur.

3. Dalam Kerja sama harus menghargai satu sama lainnya.
4. Percobaan membuat tentang bunyi, setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja.
5. Dalam kerja sama tidak ada antara duduk diam atau memberi perintah saja, semuanya ikut bagian dalam percobaan.
6. Tolong menolong dibutuhkan dalam kerja sama seperti ada yang kesulitan dalam pengerjaan membuat tentang bunyi.
7. Percobaan itu di mulai dari memotong benang dan benang tersebut di talikan ke kaleng.
8. Kerjasama dengan semangat akan menghasilkan buah hasil yang
                                                          maksimal bagus.
9. Hidup Rukun, saling membatu meskipun berbeda agama.
10. Setelah melakukan percobaan tentang Perambatan Bunyi. kita juga harus belajar bersama tentang sumber bunyi. yang mengatakan bahwa telinga bisa mengetahui sumber bunyi.
11. Tujuan : Mengidentifikasi sumber dan tempat bunyi berasal.
12. Alat dan bahan : Alat musik tradisional setempat (misalnya angklung)
13. Langkah kerja :
     1. Duduklah di kursi dan tutup matamu dengan kain. Mintalah temanmu untuk                                          memainkan alat musik tradisional (misalnya angklung) di sekitarmu.                                                 2. Tunjuklah tempat yang kamu anggap sebagai asal bunyi.
14. Indra Pendengar (Telinga). Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa kerana telah
menciptakan bentuk tubuh yang paling sempurna. salah satunya adalah kita diberi indra pendengar (telinga). Dengan menggunakan indra ini, kita bisa mendengar berbagai suara, seperti kicauan burung, suara air mengalir, dan musik.

15. Kerja sama merupakan usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama.
16. Kerja sama dalam keberagaman merupakan sikap yang harus dikembangkan.
17. Keragaman budaya Indonesia juga terlihat dalam rumah adat. Rumah adat mencerminkan ciri khas suatu tempat.











18. Berikut adalah contoh-contoh kerja sama yang biasa di lakukan dalam masyarakat.



19. Jenis-jenis Sudut
1. Sudut Siku-Siku : Suatu sudut disebut sudut siku-siku jika kaki-kaki sudutnya tegak lurus,          yaitu ukurannya adalah 90 derajat.
   
2. Sudut Lancip : Suatu sudut disebut sudut lancip jika ukuran sudutnya lebih kecil dari sudut                 siku-siku, yaitu antara 0 dan 90 derajat (0<sudut lancip <90). Sudut-sudut berikut adalah sudut           lancip.
         


3. Sudut Tumpul : Suatu sudut disebut sudut tumpul jika ukuran sudutnya lebih besar dari sudut              siku-siku, yaitu antara 90 dan 180 derajat (90< sudut tumpul  <180) . sudut-sudut berikut adalah          sudut tumpul. 
       

20. Alat yang digunakan untuk mengukur sudut secara baku adalah busur. Satuan sudut adalah derajat.









21. Salah satu permainan tradisional indonesia yang sangat menarik adalah permainan Bakiak. Permainan ini berasal dari Sumatra Barat. Bakiak atau biasa disebutTerompa Bakuak.
 
                                       

22. Jam Gadang adalah : menara jam yang terletak di pusat Kota Bukit Tinggi, di Provinsi Sumatra Barat. 

BACA JUGA ;


Wednesday, 13 March 2019

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Indahnya Kebersamaan

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Indahnya Kebersamaan

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Indahnya Kebersamaan semester 1 dengan judul subtema"Keberagaman Budaya Bangsa". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah guru, orang tua dan siswa untuk memahami materi Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Indahnya Kebersamaan semester 1.

Berikut rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Indahnya Kebersamaan :


Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

1. Pawai Budaya , Pawai Budaya sangat menarik bagi warga kampung. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Langkah pawai diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku, bunyinya seperti Gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik.

2. Pakaian yang digunakan untuk Pawai Budaya ini, Laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Dan Perempuan mengenakan baju Cele, Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah.

3. Budaya Bali, terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Pawai dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.


4. Budaya dari Toraja, Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Dan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Budaya Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa'pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentunya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.

5. Selalu ada hal baru yang harus diperhatikan setiap tahunnya. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati, Kebudayaan Indonesia memang sangat beragam, kaya dan mengagumkan.

6. Berikut adalah contoh alat musik yang memiliki oleh berbagai suku di indonesia. Cara memainkannya berbeda-beda. Kecapi yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara dipetik.




7. Angklung, yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara digoyangkan.












8. Saluang, yang berasal dari Sumatra Barat dimainkan dengan cara ditiup.
                                                                                                                                                                 









9. Kendang, yang berasal dari Jawa Barat dan Tifa dari Papua dimainkan dengan cara dipukul.


10. Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas. Akan tetapi, bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa.

11. Bentuk berikut adalah segi banyak.

     
12. Berikut adalah bukan segi banyak.
   
13. Segi banyak adalah kurva tertutup yang dibatasi oleh garis.

14. Ahli Matematika meneliti bahwa bentuk segi eman adalah bentuk geometris yang paling sesuai untuk memanfaatkan setiap bagian secara maksimal

15. Tagram terdiri dari 7 buah bangun datar seperti pada gambar di bawah. 

Monday, 11 March 2019

Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 Menjelajah Angkasa Luar dan Kunci Jawaban

Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 Menjelajah Angkasa Luar dan Kunci Jawaban

Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 Menjelajah Angkasa Luar Semester 2/Semester Genap dengan judul subtema "Tokoh Penjelajah Angkasa Luar". Soal kami buat dengan mengacu kepada buku kurikulum 2013. Buku yang digunakan adalah buku yang ditulis kementrian pendidikan nasional. Soal ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya yaitu kelas 6 tema 9. Jika bapak dan ibu membutuhkan soal-soal sebelumnya silahkan unduh melalui link dibawah ini:


Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 Menjelajah Angkasa Luar

SOAL ULANGAN HARIAN
KELAS VI SEKOLAH DASAR

  Nama Siswa        : 
  Kelas/ Semester  : 6/2
  Tema/ Subtema  : 9/3 . Tokoh Penjelajah Angkasa Luar


A. Pilihlah jawaban dengan menyilang a, b, c atau d!
1. Tokoh penemu teleskop adalah...
a. Nicolas Copernicus
b. Galileo Galilei
c. Hans Lippershey
d. Buzz Aldrin

2. Berdasarkan batas sabuk asteroid, yang termasuk planet dalam adalah...
a. Merkurius dan Venus
b. Merkurius, Venus, Bumi, Mars
c. Merkurius, Venus, Bumi
d. Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter

3. Tokoh Astronaut yang beserta Neil Armstrong sebagai kru dari apollo 11 seperti pada gambar berikut ini bernama...


a. Nicolas Copernicus
b. Buzz Aldrin
c. Galileo Galilei
d. Neil Armstrong

4. Teori yang memperkenalkan bahwa Bumi dan planet-planet lain mengelilingi Matahari adalah...
a. Galileo Galilei
b. Robert Goddard
c. Nicolaus Copernicus
d. Johannes Kepler

5.Tokoh indonesia yang pernah menjadi calon astronaut adalah...
a. Yuri Gagarin
b. Neil Armstrong
c. Buzz Aldrin
d. Pratiwi Sudarmono

Perhatikan teks berikut ini!
    Hmm, Yanes dalam hati malu lagi! Meskipun hanya pemberian, Dami punya peralatan lebih bagus darinya. Saat Dami menulis, diam-diam Yanes memperhatikannya. Dami menulis dengan cepat, tetapi hasilnya bagus. Memang, tulisan Yanes bagus. Namun, tulisan Dami tidak kalah bagusnya.
    Hmm, Yanes mengakui lagi, isa sombong! Menganggap memiliki tulisan lebih bagus. Yanes tak menyangka, mereka berhasil menyelesaikan tulisan dengan cepat sebelum makan malam. Dan makan malam hari itu, menyenangkan. Ternyata seru juga, kalau ada teman makan bersama.
Selesai makan, mereka menghias hasil tulisan mereka. Lagi-lagi Dami mengeluarkan sesuatu dari tasnya. Aneka kertas warna-warni.
"Wah, keren!" puji Yanes.

6. Nama toko pada teks di atas adalah...
a. Yanes dan Ibu
b. Yanes dan Dami
c. Dami dan Indah
d. Indah dan Yanes

Perhatikan teks berikut ini!
    Sahabatku Ina,
    Halo ina, bagaimana kabarmu? Semoga baik-baik saja seperti aku ya! Aku ingin menceritakan pengalaman menarikku kepadamu, In. Semoga lain waktu kita dapat mengalaminya bersama, ya!
Aku baru saja tiba di Kota Pontianak. Aku diajak Ayah ke tempat tanpa bayangan! Menarik ya namanya! Kamu pasti penasaran! Sama, aku juga penasaran. Sejak berangkat aku pun berusaha membayangkan akan seperti apa tempat itu.
    Aku menghabiskan perjalanan selama 30 menit untuk tiba di suatu tempat. Aku sempat bingung dan bertanya kepada Ayah, mengapa tempatnya seperti itu, tidak seperti yang kubayangkan. ternyata tempat itu bernama Tugu Khatulistiwa. Kata Ayah, semua benda yang ada di sini tidak memiliki bayangannya karena tugu ini berada tepat di posisi garis lintang 0 derajat.

7. Latar dari cerita pada teks di atas adalah...
a. Kota Jakarta
b. Kota Pontianak
c. Kota Samarinda
d. Kota Palembang

Perhatikan teks berikut ini!
    Perkenalkan namaku Gio. Aku mempunyai teman. Namanya Dony. Liburan sekolah telah tiba, tetapi aku dan temanku masih bingung mau liburan ke mana. "Libur sekolah enaknya ke mana, ya?" tanya aku kepada temanku. Dia menjawab, "Enaknya berpetualang dan mencari suasana baru."
"Iya, aku tahu tetapi ke mana?" Tanyaku lagi kepadanya. Kemudian, dia menjawab, "Misalnya ke gunung atau berpetualang ke kebun dan hutan."
    Dengan wajah serius, aku termenung. Akhirnya aku mendapatkan ide untuk liburan ke tempat yang indah dan panorama kawah yang luar biasa. Pasti pada penasaran kan aku mau ke mana?

8. Keinginan Gio adalah...
a. belajar
b. berlibur
c. bernyanyi
d. bekerja

Perhatikan teks berikut ini.
    "Dindin, ayo kita berangkat sekarang!" panggil Ayah dari depan.
"Aku mencari buku catatanku dulu, Ayah! Aku lupa meletakkannya. Ayah berangkat saja dulu. Dindin jalan kaki saja," jawab Dindin dari dalam kamarnya.
Begitu melihat Ayahnya berangkat, Dindin bergegas keluar kamar dan langsung berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki. Sebenarnya Dindin senang berangkat bersama ayahnya ke sekolah. Hanya saja ada yang membuatnya gelisah. Beberapa teman kelasnya mulai mengolok-olok sepeda milik Ayahnya. Menurut mereka, sepeda Ayah sudah kuno dan ketinggalan zaman.

9. Hal yang membuat Dindin malu adalah...
a. berangkat sekolah bersama ayahnya
b. sepeda tua milik ayahnya
c. tidak membawa buku catatan
d. berjalan kaki

10. Bagaimana saranmu atas sikap Didin pada cerita tersebut?
a. Didin memang harus malu punya keluarga miskin
b. Berbohong adalah sikap terpuji yang dilakukan Didin.
c. Didin tidak boleh malu  harusnya bangga dengan ayahnya.
d. Didin sudah seharusnya mendengarkan olok-olok temannya.

11. Tokoh utama pada cerita diatas adalah..
a. ayah
b. teman
c. didin
c.  ibu guru

Perhatikan teks berikut ini.
Ayah dan Ihsan lagi duduk didepan rumah.
      "Bagaimana, enak nggak belajar sepeda?" tanya ayah.
Ihsan mengangguk. "Enak, Yah," jawabnya senang.
"Masih takut?" tanya Ayah.
Kali ini Ihsan menggeleng, "Nggak, dong, Yah."
      Ayah tersenyum mendengarnya, "kalau kamu rajin berlatih, dalam waktu singkat kamu pasti sudah bisa naik sepeda."
"Pasti! Aku sebentar lagi pasti bisa," Kata ihsan yakin. Sesaat kemudian, dia mencoba kembali mengayuh sepedanya. Kali ini dia berhasil hingga lima kali mengayuh. "Ayah, aku bisa! Aku bisaaa!" 

12. Inti dari cerita fiksi di atas adalah...
a. Ihsan tidak mau naik sepeda
b. Ihsan bisa naik sepeda
c. Ihsan berangkat sekolah naik sepeda
d. Ihsan bersepeda bersama teman-temannya

13. Latar tempat pada cerita diatas adalah....
a. pasar
b. halama rumah
c. jalan raya
d. lapangan sepak bola

14. Suku yang hidup di puncak Gunung Bromo adalah...
a. Tengger
b. Buddha
c. Jawa
d. Sunda

15. Penduduk suku Tengger beragama...
a. Hindu
b. Buddha
c. Islam
d. Kristen

16. Dalam kehidupan bermasyarakat, bentuk persatuan dan kesatuan dapat ditunjukkan dalam kegiatan...
a. perdagangan bebas
b. kerja bakti
c. monopoli
d. distribusi

17. Wayan adalah satu-satunya teman yang beragama Hindu. Tindakan terdapat Wayan yang sesuai dengan jiwa persatuan dan kesatuan adalah...
a. menjaga jarak
b. membatasi pergaulan karena berbeda agama
c. tetap bergaul dan saling menghormati
d. tidak membedakan agama, tetapi menjaga pergaulan

18. Agar tercipta persatuan dan kesatuan dalam hidup bermasyarakat maka kita harus berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Arti kata berinteraksi adalah...
a. membantu
b. terbuka
c. berkorban
d. berhubungan

19. Berikut ini yang merupakan kendaraan darat yang digunakan pada masa lampau adalah...
a. sepeda
b. pesawat
c. kapal uap
d. kereta api

20. Alat transportasi laut yang pada zaman dahulu memanfaatkan tenaga...
a. matahari
b. surya
c. angin
d. suara

21. Alat transportasi modern yang dapat mengangkut penumpang dalam jumlah banyak adalah...
a. kendaraan bermotor
b. helikopter
c. kereta api
d. mobil

22. Dampak positif ditemukannya mobil bertenaga surya adalah...
a. lebih mahal biaya perawatannya 
b. lebih cepat waktu perjalanannya 
c. jumlah peumpang yang diangkut lebih banyak
d. mengurangi polusi

23. Dampak positif dari modernisasi transportasi modern terhadap kehidupan bermasyarakat adalah...
a. meningkatkan rasa individualisme
b. sumber daya manusia menjadi lebih sedikit
c. mempercepat waktu perjalanan
d. banyak polusi yang terjadi

24. Teknik membuang patung konstruksi dilakukan dengan teknik...
a. merakit
b. mengukir
c. menatah
d. mengikat

25. Perhatikan contoh patung konstruksi berikut ini.


Bahan yang digunakan untuk membuat patung tersebut adalah...
a. daun
b. besi
c. kaleng
d. kertas

26. Seni patung konstruksi yang berupa miniatur kendaraan jeep pada ga,bar soal nomor 22 merupakan karya dari...
a. Wanaparma
b. Gifson Harianja
c. I Wayan Beratha
d. Agustinus, S.Sn

27.Perhatikan patung konstruksi berikut.


 Patung di atas berbahan dasar...
a. plastik
b. kertas
c. kayu
d. daun

28. Perhatikan patung konstruksi berikut ini 


Tema dari patung tersebut adalah...
a. tumbuhan
b. manusia
c. hewan
d. kendaraan

29. Persatuan dan kesatuan bagi bangsa indonesia sangat penting untuk mencapai...
a. tujuan politik
b. tujuan partai
c. tujuan perekonomian
d. tujuan nasional

30.Salah satu kelemahan teknologi produksi masa lalu adalah...
a. menggunakan tenaga mesin
b. menimbulkan polusi parah
c. hasilnya sangat jelek
d. proses pengerjaannya lama
KUNCI JAWABAN & UNDUH SOAL
Untuk kunci jawaban dan Download soal klik link dibawah ini!

B. Isilah titik-titik pada pertanyaan ini dengan jawaban yang benar!
1. Alat yang ditemukan oleh Galileo Galilei adalah...
2. Benda langit kecil berekor yang mengelilingi Matahari dan memiliki ciri berekor panjang disebut...
3. Komet Halley muncul setiap...
4. Perhatikan teks berikut ini.
    Perkenalkan namaku Gio. Aku mempunyai teman. Namanya Dony. Liburan sekolah telah tiba, tetapi aku dan temanku masih bingung mau liburan ke mana. "Libur sekolah enaknya ke mana, ya?" tanya aku kepada temanku. Dia menjawab, "Enaknya berpetualang dan mencari suasana baru."
"Iya, aku tahu tetapi ke mana?" tanyaku lagi kepadanya. Kemudian, dia menjawab, "Misalnya ke gunung atau berpetualang ke hutan."
Tokoh utama dalam teks di atas adalah...
5. Perhatikan teks berikut ini!
    Sahabatku Ina,
    Halo ina, bagaimana kabarmu? Semoga baik-baik saja seperti aku ya! Aku ingin menceritakan pengalaman menarikku kepadamu, In. Semoga lain waktu kita dapat mengalaminya bersama, ya!
Aku baru saja tiba di Kota Pontianak. Aku diajak Ayah ke tempat tanpa bayangan! Menarik ya namanya! Kamu pasti penasaran! Sama, aku juga penasaran. Sejak berangkat aku pun berusaha membayangkan akan seperti apa tempat itu.
    Aku menghabiskan perjalanan selama 30 menit untuk tiba di suatu tempat. Aku sempat bingung dan bertanya kepada Ayah, mengapa tempatnya seperti itu, tidak seperti yang kubayangkan. ternyata tempat itu bernama Tugu Khatulistiwa. Kata Ayah, semua benda yang ada di sini tidak memiliki bayangannya karena tugu ini berada tepat di posisi garis lintang 0 derajat.
Kota yang diceritakan oleh ina pada teks di atas adalah...
6. Sikap dan pandangan orang Tengger tercermin pada harapannya, yaitu...,..., dan ....
7. Aktivitas religi masyarakat suku Tengger mengikuti ritual agma...
8. Kapal tanker merupakan jenis alat transportasi laut yang digunakan untuk mengangkut...
9. lat tranportasi yang digunakan astronot adalah......
10 Teknil pembuatan patung yang digunakan pada gamabar dibawah ini adalah.....


C. Jelaskan dengan singkat pertanyaan dibawah ini!
1. Tuliska teori yang diperkenalkan oleh Nicolaus Copernicus.!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Siapakah manusia pertama yang terbang ke luar angkasa?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Alat transportasi apa yang digunakan oleh para astronaut untuk terbang ke luar angkasa?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Perhatikan teks berikut.Buzz Aldrin adalah seorang astronaut Amerika yang turut menemani Neil Armstrong sebagai kru dari apollo 11. Beliau menjadi manusia kedua yang berhasil menginjakkan kaki di Bulan. Pasa tanggal 20 juli 1969 Aldrin terseleksi sebagai astronaut pertama kalinya oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).Siapakah tokoh utama dalam teks tersebut?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Siapakah tokoh tambahan dalam teks pada soal nomor 4 tersebut?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
6. Bagaimana bentuk persatuan dan kesatuan masyarakat Tengger dalam membuat rumah?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7. Apakah manfaat masyarakat yang hidup dalam suatu komunitas?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
8. Sebutkan alat-alat transportasi yang digunakan sebelum mengalami modernisasi!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
9. Tuliskan dampak positif dari modernisasi alat transportasi!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
10. Pembuatan patung dengan teknik konstruksi disebut dengan teknik merakit. Apakah artinya?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Demikian Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema  3 Menjelajah Angkasa Luar Semester 2 Semester , Jangan lupa Share and Follow

Rangkuman :