Kunci jawaban halaman 205, 206, 207, 208 senang belajar matematika kelas 5 | Kumpulan Soal Tematik SD

Monday, 17 January 2022

Kunci jawaban halaman 205, 206, 207, 208 senang belajar matematika kelas 5

Kunci Jawaban Buku Senang Belajar Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Halaman 205, 206, 207, 208

Pembelajaran Matematika Kelas 5 Halaman 205, 206, 207, 208 . membahas tentang  Kecepatan dan debit, Mengenal Satuan Volume, Satuan Volume Meter Kubik, Satuan Volume dalam Liter, Mencari Volume, Mencari Debit.

Buku siswa yang digunakan sebagai sumber belajar matematika di kelas 5 merupakan Buku Senang Belajar Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018.

Dalam pembelajaran matematika kelas 5 SD terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternative kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 205, 206, 207, 208

Buku paket siswa matematika yang digunakan merupakan sumber media belajar matematika siswa kelas 5. Dengan adanya Materi dan Soal Lengkap Beserta Jawabannya diharapkan sebagai alternative orang tua atau wali murid dalam mendampingi dan memberikan arahan secara tepat dan efisien kepada anaknya saat belajar. Serta memudahkan siswa dalam belajar dan memanfaatkan digital dengan semaksimal mungkin karena siswa bisa belajar matematika secara menyenangkan kapanpun dan dimanapun.

Dalam pembelajaran matematika kelas 5 SD terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternative kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 205, 206, 207, 208. Sahabat sekalian bisa bookmark atau save halaman ini agar dikemudian hari membutuhan soal lengkap beserta jawaban matematika kelas 5


Kunci Jawaban Senang Belajar Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018


Di sekolahku seluruh siswa dicek kesehatannya (screening). Setiap siswa dikontrol data kesehatannya. Data tinggi badan dan berat badan siswa dicatat oleh tim kesehatan sekolah dan dokter kecil. Data tinggi badan dan berat badan dimasukkan di Kartu Menuju Sehat (KMS).

Berdasarkan kartu tersebut seorang siswa dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu gizi baik, ideal, dan gizi buruk.

Apakah kamu sudah mengetahui berat badanmu dan tinggi badanmu? Apakah kamu mengetahui ukuran nomor sepatumu? Apakah kamu mengetahui ukuran lingkar kepala dan lingkar pinggangmu? Sekarang, kamu akan mempelajari data yang berkaitan dengan dirimu.




Setiap orang memiliki data pribadi. Data pribadi adalah data-data yang berhubungan dengan diri sendiri. Setiap orang memiliki data pribadi sendiri.

Mengenal Data

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), data adalah keterangan yang benar dan nyata. Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan.

Data dapat berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, objek, kejadian ataupun suatu konsep.

Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, dan organisasi. Ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu. Informasi dapat juga digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya.

Dalam hal ini, data yang dapat dianggap sebagai objek dan informasi adalah suatu subjek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga dapat disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.

Metode Pengumpulan Data merupakan teknik atau cara yang dilakukan untuk mengumpulkan data. Metode menunjuk suatu cara, sehingga dapat diperlihatkan penggunaannya melalui angket, wawancara, pengamatan, tes, dokumentasi, dan sebagainya.

Data di atas diperoleh secara langsung tentang pengukuran tinggi badan dan berat badan. Data seperti di atas disebut data primer.




Beni ingin memperoleh data golongan darah teman-temannya. Ia tidak mungkin memeriksa sendiri golongan darah teman-temannya. Data golongan darah semua siswa didapatkan dari buku catatan di ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Beni datang ke ruang UKS untuk mencatat data golongan darah teman-temannya.




Data golongan darah di atas diperoleh Beni tidak secara langsung. Ia mendapatkan dari UKS. Data seperti di atas disebut data sekunder.

Pengumpulan Data

1. Tes



Informasi perkembangan belajar siswa dilihat dari nilai ulangan. Biasanya Bapak atau Ibu guru melakukan tes atau ulangan. Hasil ulangan diperoleh data perkembangan belajar siswa.

Berikut adalah contoh data nilai ulangan PPKn yang diperoleh siswa kelas V SD Nusantara 01.

80 90 85 75 70

65 85 80 70 80

70 75 85 80 90

75 85 80 75 85

80 70 85 80 90

95 75 80 85 95

2. Bertanya Langsung

Siti ingin mengetahui buah kesukaan dan buah yang tidak disukai teman-teman di kelasnya. Siti menanya kepada masingmasing teman dan mencatatnya tentang buah kesukaan dan buah yang tidak disukai.




Daftar Pertanyaan

1. Apakah buah yang kamu sukai?

2. Apakah buah yang tidak kamu sukai?

Hasil pengumpulan data yang dilakukan Siti





Pengumpulan Data dengan Bertanya Langsung

Ayo, Kerja Bersama!
1. Buatlah kelompok, setiap kelompok 3-4 anak.
2. Cari informasi tentang pelajaran yang disukai dan pelajaran yang tidak disukai dengan menanya seluruh kelas.
3. Setiap kelompok menanyai siswa pada kelas yang berbeda.

4. Hasil menanya dicatat, kemudian diskusikan bersama anggota kelompokmu.
5. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas (masingmasing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok secara bergantian dan kelompok lain menanggapi).
6. Siswa bersama guru menyimpulkan bagaimana hasil bertanya secara langsung.

3. Isian Singkat

Pengumpulan data dengan lembar isian, yaitu dengan cara masing-masing orang yang mengisi lembar isian. Hasilnya kemudian dikumpulkan. Contoh lembar isian singkat
Nama                   : ________________
Alamat                 : ________________
Tinggi Badan       : ________________
Berat Badan         : ________________
Golongan Darah  : ________________

4. Pencatatan Langsung

Pencatatan langsung biasanya dilakukan berdasarkan pengukuran atau pengamatan. Hasil pengukuran dan pengamatan dicatat. Data tersebut diperoleh dari pencatatan langsung.

Beberapa data dapat diperoleh dengan pencatatan langsung, seperti tinggi badan dan berat badan. Sebelum melakukan proses pengumpulan data sebaiknya dibuat blangko data.

Blangko data berisi tentang semua data yang ingin dikumpulkan. Misalnya mencari data berat badan siswa kelas V, maka untuk pencatatan langsung dapat disiapkan blangko sebagai berikut.






Pengumpulan Data dari Pencatatan Langsung

Ayo, Kerja Bersama!
1. Buatlah kelompok, setiap kelompok 3-4 anak.
2. Cari data tentang perilaku mengucap salam dan salim kepada guru ketika tiba di sekolah dan pulang sekolah.
3. Setiap kelompok membuat blangko.
4. Diskusikan blangko yang akan kamu gunakan.
5. Blangko hasil kesepakatan kelas digunakan masingmasing kelompok.
6. Setiap kelompok melakukan pengamatan pada siswa satu kelas. Setiap kelompok berbeda kelas.
7. Hasil pengamatan setiap kelompok didiskusikan di masing-masing kelompok.
8. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas (masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok secara bergantian dan kelompok lain menanggapi).
9. Siswa bersama guru menyimpulkan perilaku siswa tentang mengucap salam dan salim kepada guru


Kunci Jawaban Matematika Kelas 5 Halaman 205, 206


1. Catatlah semua nilai ulangan harian setiap mata pelajaran seluruh siswa kelas V yang telah diujikan gurumu!

2. Buatlah kelompok! Kemudian, carilah informasi tentang ekstrakurikuler yang mereka sukai kepada seluruh siswa kelas 1 sampai kelas VI!

3. Buatlah isian singkat untuk mencari data tentang antusias siswa terhadap kegiatan perkemahan di akhir semester! Kemudian, bagikan isian singkat tersebut kepada siswa kelas IV, kelas V, dan kelas VI!

4. Coba catat berapa siswa menyukai kegiatan perkemahan dan berapa siswa yang tidak menyukai kegiatan perkemahan!

5. Buatlah blangko pencatatan langsung tentang pengukuran tinggi badan dan berat badan siswa semua kelas!

6. Carilah data umur siswa setiap kelas!

 Bagaimana cara kamu mengumpulkan data umur siswa per kelas? Jelaskan!
 Berapa tahun umur terendah setiap kelasnya?
 Berapa tahun umur tertinggi setiap kelasnya?

Jawaban

1. Disesuaikan kondisi sekolah.

2. Disesuaikan kondisi sekolah.

3. Disesuaikan kondisi sekolah

4. Sesuai dengan kreativitas guru.

5. Disesuaikan kondisi siswa.

6. Disesuaikan kondisi siswa.

Siti dan teman- temannya akan mengadakan kegiatan bazar makanan dan minuman di sekolah pada akhir semester. Coba kamu pilih cara pengumpulan data yang tepat untuk mengetahui makanan dan minuman kesukaan seluruh siswa di sekolahmu! Jelaskan alasanmu!
Jawaban
Pengumpulan data tentang makanan dan minuman kesukaan dapat dilakukan dengan bertanya langsung, pencatatan langsung, atau dengan isian singkat.




Kunci Jawaban Matematika Kelas 5 Ujian Kompetensi Halaman 207, 208


1. Berikut adalah nilai ulangan Bahasa Daerah siswa kelas V.
65 70 85 90 75 70
75 80 85 90 75 80
60 85 90 85 80 75
75 85 80 80 90 85
80 85 70 80 85 85

Pertanyaan
a. Tentukan nilai terendah dan nilai tertinggi dari data di atas!
b. Berapa siswa yang nilainya di bawah 70?
c. Berapa siswa yang nilainya di atas 80?
d. Berapa banyak siswa yang mendapat nilai 75?

2. Berikut adalah berat badan dalam kg siswa kelas IV!
30 30 33 25 30 28
25 30 31 32 28 30
33 25 30 28 25 28
30 32 25 30 31 32
25 30 31 32 28 31
Pertanyaan
a. Tentukan berat badan terendah dan tertinggi dari data siswa kelas IV!
b. Berapa siswa yang beratnya 30 kg?
c. Berapa siswa yang beratnya kurang 30 kg?
d. Berapa siswa yang memiliki berat tertinggi?

3. Jelaskan langkah-langkah yang dilakukan sebelum melakukan menanya langsung!

4. Sebutkan kekurangan dan kelebihan pengumpulan data dengan menanya langsung!

5. Jelaskan langkah-langkah yang dilakukan sebelum melakukan pengumpulan data dengan isian singkat!

6. Jelaskan kelebihan dan kekurangan cara pengumpulan data dengan isian singkat!

7. Jelaskan langkah-langkah yang dilakukan sebelum melakukan pengumpulan data dengan pencatatan langsung!

8. Jelaskan kelebihan dan kekurangan cara pengumpulan data dengan pencatatan langsung!

9. Berikut data golongan darah siswa kelas V!
A O O AB B B
o A A AB B AB
O O AB B AB AB
AB A A A B O
B B O O AB

Pertanyaan
a. Kamu ingin memperoleh data golongan darah siswa teman sekelasmu seperti data di atas. Jelaskan cara pengumpulan data yang kamu lakukan!
b. Berapa banyak siswa yang bergolongan darah A?
c. Berapa banyak siswa yang bergolongan darah B?
d. Berapa banyak siswa yang bergolongan darah AB?
e. Berapa banyak siswa yang bergolongan darah O?

10. Nilai ulangan Bahasa Indonesia siswa kelas V adalah sebagai berikut.
75 75 80 95 70 75
70 85 90 90 65 85
65 80 80 80 60 70
70 80 85 80 90 95
85 90 75 85 80 80

Pertanyaan
a. Urutkan data di atas dari nilai yang terkecil!
b. Berapakah nilai tertinggi?
c. Berapakah nilai terendah?
d. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk pelajaran Bahasa Indonesia 75.
Berapa siswa yang tidak tuntas?




Kunci Jawaban Matematika Halaman 207-208 dari no 1 - 10


1. Nilai Bahasa Daerah
a. nilai terendah = 60, nilai tertinggi = 90
b. ada 2 siswa
c. ada 13 siswa
d. ada 5 siswa

2. Data berat badan siswa kelas IV
a. Berat badan tertinggi adalah 33 kg berat badan terendah adalah 25 kg
b. Ada 9 siswa
c. Ada 11 siswa
d. Ada 2 siswa

3. Langkah-langkah sebelum melakukan metode pengumpulan data menanya langsung adalah menyiapkan pertanyaanpertanyaan yang diperlukan dan menyiapka blangko isian tentang hal-hal yang akan ditanyakan.

4. Kekurangan metode pengumpulan data dengan menanya langsung adalah waktu yang dibutuhkan banyak dan apabila responden sangat banyak akan kesulitan. Kelebihan metode pengumpulan data dengan menanya langsung adalah jawaba yang kita peroleh sangat jelas dan detail.

5. Langkah-langkah sebelum melakukan metode pengumpulan data dengan isian singkat adalah menyiapkan daftar pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan data yang diperlukan.

6. Kekurangan metode pengumpulan datadengan isian singkat adalah terkadang data tidak jelas atau sulit dipahami. Kelebihan metode pengumpulan data dengan isian singkat adalah responden tidak harus bertemu langsung, sangat cocok untuk responden yang banyak, dapat dilakukan dengan email atau surat.

7. Langkah-langkah sebelum melakukan metode pengumpulan data dengan pencatatan langsung adalah menyiapkan alat ukur yang diperlukan dan menyiapkan bangko isian data.

8. Kelebihan metode pengumpulan data dengan pencatatan langsung adalah data yang diperoleh lebih akurat dan data yang diperoleh lebih tepat sesuai kebutuhan. Kekurangan metode pengumpulan data dengan pencatatan langsung adalah diperlukan alat yang baik dan akurat, sebagai contoh mengukur tinggi dan berat badan maka diperlukan timbangan dan meteran yang standar. Metode ini juga memerlukan waktu yang lebih lama.

9. Data Golongan Darah siswa kelas V
a. Untuk mendapatkan data golongan darah setiap siswa di sekolah dapat dilakukan dengan menanya langsung ke UKS.
b. Ada 7 siswa.
c. Ada 7 siswa.
d. Ada 8 siswa.
e. Ada 8 siswa.

10. Daftar Nilai Ulangan Bahasa Indonesia siswa kelas V
a. Urutan nilai dari yang terkecil adalah
60, 65, 65, 70, 70, 70, 70, 75, 75, 75,
75, 80, 80, 80, 80, 80, 80, 80, 80, 85,
85, 85, 85, 85, 90, 90, 90, 90, 95, 95.
b. Nilai tertinggi 95.
c. Nilai terendah 60.
d. Ada 7 siswa.



Demikianlah pembahasan tentang Kunci Jawaban Buku Senang Belajar Matematika Kelas 5 SD/Mi Kurikulum 2013 Revisi 2018 Halaman 205, 206, 207, 208

Semoga ulasan tentang soal pada buku senang belajar matematika kelas 5 SD/MI mudah dipahami dan menambah pengetahuan serta lebih menyukai matematika. Jika sahabat membutuhkan artikel ini, jangan lupa untuk di save halaman ini serta di share ya. Semoga blog ini selalu bisa memberikan bermanfaat.
































































Kunci jawaban halaman 205, 206, 207, 208 senang belajar matematika kelas 5 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muslimah