Mata pelajaran matematika bagi siswa kelas 4 selalu menjadi tantangan yang menarik. Terutama dengan pendekatan Kurikulum Merdeka, di mana pembelajaran lebih berbasis pada pemahaman dan penerapan konsep. Bagi orang tua dan guru, memberikan bantuan untuk memahami soal-soal matematika adalah bagian penting dari proses pembelajaran. Salah satu topik yang sering muncul adalah soal-soal dalam Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka, khususnya di halaman 146-148.

Dalam artikel ini, kami akan membahas jawaban lengkap dari soal-soal pada halaman 146-148 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka yang terdapat dalam bagian Ayo Berlatih. Pembahasan ini tidak hanya akan memberikan jawaban, tetapi juga menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memecahkan soal, sehingga siswa bisa memahami cara penyelesaian soal dengan baik.
1. Perhatikan gambar berikut. Bangun datar yang bukan merupakan segi banyak adalah…

- Jawaban: b. Lingkaran
Penjelasan: Lingkaran bukan termasuk segi banyak karena segi banyak adalah bangun datar yang memiliki sisi lurus, sedangkan lingkaran tidak memiliki sisi lurus.
2. Perhatikan gambar berikut:

Bangun segibanyak beraturan, ditunjukkan oleh nomor…
- Jawaban: a. 1 dan 3
Penjelasan: Bangun segibanyak beraturan adalah bangun yang memiliki sisi dan sudut yang sama besar. Nomor 1 dan 3 merupakan contoh segibanyak beraturan karena keduanya memenuhi kriteria tersebut.
3. Perhatikan gambar berikut:

Bangun segibanyak tak beraturan, ditunjukkan oleh nomor…
- Jawaban: c. 2 dan 3
Penjelasan: Bangun segibanyak tak beraturan adalah bangun yang memiliki sisi atau sudut yang tidak sama besar. Nomor 2 dan 3 termasuk dalam kategori ini.
4. Gambarkan tiga bangun segi banyak beraturan yang berbeda pada kotak yang disediakan!
- Jawaban: Gambarlah bangun seperti:
- Segitiga sama sisi
- Persegi
- Segi lima beraturan
Penjelasan: Pastikan untuk menggambar bangun dengan sisi dan sudut yang sama besar.
5. Gambarkan tiga bangun segi banyak tak beraturan yang berbeda pada kotak yang disediakan!
- Jawaban: Gambarlah bangun seperti:
- Segitiga sembarang
- Jajaran genjang
- Trapesium sembarang
Penjelasan: Pastikan bangun-bangun ini memiliki sisi atau sudut yang tidak sama besar untuk memenuhi kriteria segibanyak tak beraturan.
2. Segitiga
Banyak benda di sekitar kita yang berbentuk segitiga seperti penggaris segitiga, rambu lalu lintas dan lain-lain. Bangun segitiga ini memiliki beberapa jenis yang berbeda bentuk dan ciri-cirinya. Perhatikan, segitiga di bawah ini. Misalkan nama segitiga tersebut adalah
segitiga ABC.

Jika kita memperhatikan segitiga di atas, maka kita dapat mengetahui bahwa dalam segitiga terdapat 3 ruas garis yaitu ruas garis AB, BC, dan AC.

Selanjutnya 3 ruas garis tersebut masing-masing dinamakan dengan sisi; sehingga segitiga memiliki 3 sisi, yakni sisi AB, sisi BC, dan sisi AC. Dalam segitiga itu juga terdapat 3 sudut, yakni sudut A, sudut B, dan sudut C.

Terdapat juga 3 titik sudut, yakni titik A, titik B, dan titik C.

Jelas bahwa dalam segitiga terdapat sifat-sifat (ciri-ciri) sebagai berikut : memiliki 3 sisi, memiliki 3 sudut, dan memiliki 3 titik sudut.
Penjelasan tentang Segitiga
Segitiga adalah bangun datar yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Berikut adalah sifat-sifat dari segitiga:
- Memiliki 3 sisi.
- Memiliki 3 sudut.
- Memiliki 3 titik sudut.
Contoh Segitiga
Misalkan nama segitiga tersebut adalah segitiga ABC. Terdapat tiga ruas garis yang membentuk segitiga:
- Sisi AB
- Sisi BC
- Sisi AC
Segitiga juga memiliki tiga sudut, yaitu:
- Sudut A
- Sudut B
- Sudut C
Jenis-Jenis Segitiga
- Segitiga Sama Sisi: Ketiga sisinya sama panjang.
- Segitiga Sama Kaki: Dua sisinya sama panjang.
- Segitiga Sembarang: Ketiga sisinya berbeda panjang.
- Segitiga Siku-Siku: Salah satu sudutnya adalah sudut 90°.
Kesimpulan
Penyelesaian soal pada halaman 146-148 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka tidak hanya tentang mendapatkan jawaban yang benar, tetapi juga tentang memahami konsep dasar matematika yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari. Melalui pembahasan ini, kami berharap siswa dapat lebih mudah memahami cara penyelesaian soal dan meningkatkan kemampuan matematika mereka.
Semoga artikel ini membantu dalam memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang soal-soal di buku Matematika Kelas 4. Jangan ragu untuk terus berlatih agar kemampuan matematika semakin terasah!
Semoga jawaban ini membantu dalam mengerjakan latihan di halaman 146-148. Jangan lupa untuk memahami konsep dasar setiap soal sebelum menjawab. Selamat belajar!
Baca Juga
- Jawaban Halaman 174-176 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka Uji Kompetensi
- Jawaban Halaman 191-192 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih
- Jawaban Halaman 165-166 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih
Guru Pendamping
Guru Pendamping
Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini
Rekomendasi web belajar Online